Terbanyak di Jawa Barat, Ini Daftar Klaster Corona Terbesar di Indonesia

- 12 Juli 2020, 00:05 WIB
ILUSTRASI Tes PCR buatan Indonesia.* /DOK. East Ventures

GALAMEDIA - Hingga Sabtu (10/7/2020) malam, tercatat ada sebanyak 74.018 orang di Indonesia terinfeksi virus corona (Covid-19). Jumlah kasus positif ini setiap hari cenderung naik. Pasalnya, sejumlah daerah kini gencar melakukan tes PCR (polymerase chain reaction).

Rekor tertinggi penambahan kasus positif mencapai angka 2.657 kasus pada Kamis (9/7/2020) setelah muncul klaster baru di Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI Angkatan Darat (AD) di Ciumbuleuit, Kota Bandung, dengan sebanyak 1.262 kasus.

Menghimpun data dari berbagai sumber, ini data klaster corona terbesar di Indonesia:

1. Secapa TNI AD Bandung

Di Jabar baru-baru ini muncul klaster baru. Yakni, klaster Secapa TNI AD di Kota Bandung. Achmad Yurianto memaparkan dari hasil penyelidikan epidemiologi sejak 29 Juni 2020, ada sebanyak 1.262 kasus positif di Secapa TNI AD. Dari hasil ini, karantina wilayah diterapkan di kompleks sekolah.

Baca Juga: Memuliakan Orang Lanjut Usia, Malaikat Mikail Pun Membantunya Dengan Menahan Matahari

Dari jumlah ini hanya 17 orang yang menjalani isolasi di rumah sakit karena mengalami gejala demam dan batuk. Sedangkan yang lainnya cukup melakukan karantina wilayah karena tidak ditemukan gejala.

Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Jabar, Ridwan Kamil mengatakan pihaknya akan melakukan pelacakan penularan dengan tes pada keluarga siswa yang positif Covid-19. Skenario tindak lanjut temuan klaster ini pun sudah disampaikan ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pemerintah pusat.

"Kita akan tracing keluarga, testing kepada kontak di luar kompleks menjadi tanggung jawab (Gugus Tugas) Pemprov Jabar dan Pemkot Bandung," kata pria yang akrab disapa Emil ini, Jumat (10/7/2020).

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X