Cara Menyeduh Kopi yang Baik, Jangan Asal Karena Bisa Mengurangi Khasiatnya untuk Tubuh

- 6 Desember 2022, 16:05 WIB
Ilustrasi cara menyeduh kopi yang baik.
Ilustrasi cara menyeduh kopi yang baik. /pexels/tonicuenca

GALAMEDIANEWS - Minum kopi ternyata memiliki manfaat bagi tubuh kita. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar khasiat kopi tersebut tidak berkurang.

Salah satunya dalam hal menyeduhnya. Ada cara yang baik dalam menyeduh kopi agar khasiatnya bagi tubuh tidak turun.

Menurut dr. Dedyanto Henky Saputra, M.Gizi, AIFO-K, cara menyeduh kopi paling mudah yakni dengan air panas, tanpa menambahkan gula atau susu kental manis agar tidak menurunkan khasiat kopi.

Dalam keterangan tertulisnya seperti dilansirkan Antara, Rabu 5 Oktober 2022, Dedyanto menjelaskan, campuran gula atau SKM dapat mengurangi jumlah antioksidan yang diserap oleh tubuh dan akan menambah bobot kalori.

Baca Juga: JADWAL LANJUTAN LIGA 1 Untuk Selasa 6 Desember 2022, Persib Main Kapan?

Dengan begitu manfaat minum kopi untuk kesehatan. Bahkan hal ini menjadi bumerang untuk orang-orang yang memiliki berat badan berlebih, obesitas, atau dengan diabetes melitus.

Tidak itu saja, Dedyanto mengatakan, orang-orang juga perlu memperhatikan porsi kopi yang diminum. Dimana menurut rekomendasi, dalam satu hari sebaiknya orang tidak lebih dari 400 mg kafein atau setara dengan tiga cangkir kopi.

"Bukan gelas ya, karena kalau gelas itu sudah lebih dari cangkir. Tetapi manusia itu tidak ada yang sama, kita yang bersaudara saja punya karakteristik yang berbeda,” kata Dedy.

Dia menuturkan, bisa saja seseorang pada saat minum tiga cangkir kopi mendapatkan manfaat kesehatan, tetapi orang lain saat minum dalam jumlah sama justru naik tekanan darahnya atau risiko serangan jantung meningkat.

Halaman:

Editor: Reza Rafaeza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x