Menpora Ungkap Alasan Liga 1 Dilanjutkan, Ternyata Hubungannya dengan Timnas

- 6 Desember 2022, 17:13 WIB
Ilustrasi Liga 1 2022/2023 yang kembali digelar usai dihentikan sementara akibat tragedi Kanjuruhan.
Ilustrasi Liga 1 2022/2023 yang kembali digelar usai dihentikan sementara akibat tragedi Kanjuruhan. /Tangkapan Layar Instagram @pt_lib

GALAMEDIANEWS - Keputusan kompetisi liga 1 dilanjutkan pasca tragedi Kanjuruhan karena timnas Indonesia membutuhkan sejumlah persiapan. Salah satunya terkait persiapan Timnas Indonesia untuk Piala AFF.

“Kemarin pemerintah sudah mengumumkan Liga 1 dilanjutkan kembali (dengan evaluasi dan rekomendasi). Di samping itu ada kebutuhan timnas kita, yang membutuhkan ada kompetisi, karena ada kegiatan-kegiatan yang membutuhkan kesiapan timnas,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Selasa 6 Desember 2022.

Menurutnya, kesiapan timnas diperlukan menyangkut akan adanya kejuaraan Piala AFF. Tidak itu saja, Indonesia akan menjadi tuan rumah piala dunia U-20, serta sejumlah kegiatan lain ke depan.

Baca Juga: Tuyul Akan Gagal Beraksi, 4 Cara agar Terhindar dari Aksi Makhluk Pesugihan Ini

Dijelaskannya, kesiapan timnas menyangkut dua hal yakni latihan dan kompetisi.

“Kesiapan yang pertama adalah latihan. Itu sudah dilakukan di bawah pelatih kita, dan bahkan sudah tryout ke luar negeri. Kalau untuk untuk U2-0 sudah ke Turki dan Spanyol. Setelah itu (kesiapan) yang kedua itu harus ada kompetisi, supaya mereka terasah terus kemampuannya,” jelas Amali seperti dilansirkan Antara.

Namun Amali menegaskan, dengan adanya peraturan kepolisian saat ini, maka penyelenggaraan kompetisi Liga 1 akan sangat ketat terutama dalam hal penonton.

“Sebelum izin dikeluarkan pihak kepolisian, Kementerian PUPR dan Kementerian Kesehatan meninjau tempat-tempat pelaksanaan pertandingan itu. Tapi sekarang masih tanpa penonton. Dan mudah-mudahan ini akan semakin baik tata kelola dan ekosistem dalam persepakbolaan nasional sehingga ini juga akan membuat pembinaan-pembinaan ke depannya akan menjadi baik. Itu saja,” jelasnya.***

Editor: Reza Rafaeza


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x