Kapolri: KELOMPOK JAD Pelaku Bom Bunuh Diri Astanaanyar Berbasis di Bandung

- 7 Desember 2022, 21:55 WIB
Kapolri Sebut pelaku bom bunuh diri Astanaanyar Bandung pernah ditangkap karena kasus bom Cicendo.
Kapolri Sebut pelaku bom bunuh diri Astanaanyar Bandung pernah ditangkap karena kasus bom Cicendo. /TOMMY RIYADI/PRFMNEWS

 

GALAMEDIANEWS - Pelaku bom bunuh diri Polsek Astanaanyar, Kota Bandung, Rabu 7 Desember 2022, teridentifikasi bernama Agus Sujarno atau Agus Muslim. Pelaku diketahui pernah ditangkap karena terlibat peristiwa bom Cicendo tahun 2017.

Akibat bom Cicendo tersebut, pelaku sempat dihukum 4 tahun penjara dan bebas ditahun 2021.

"Yang bersangkutan pernah ditangkap karena peristiwa bom Cicendo. Dia sempat dihukum empat tahun, di bulan September atau Oktober 2021 yang bersangkutan bebas," kata Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo saat konferensi pers, Rabu 7 desember 2022.

Baca Juga: Selidiki Bom Bunuh Diri di Mapolsek Astanaanyar, Densus 88 Bergerak ke Wilayah Ini

Tidak itu saja, Agus Muslim teridentifikasi berafiliasi dengan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Kelompok JAD yang diikuti Agus Muslim, berbasis di Bandung.

Menurut Listyo, seperti dilansirkan Antara, identifikasi itu diperoleh melalui pemeriksaan sidik jari dan pengenalan wajah (face recognition).

Lebih lanjut Listyo menuturkan, Agus Muslim pernah ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan, Jawa Tengah. Saat bebas, Agus Muslim masih masuk dalam kategori merah.

Baca Juga: Pelaku Bom Bunuh Diri POLSEK ASTANA ANYAR Masuk Jaringan JAD dan Terpidana Terorisme

Listyo juga memerintahkan anggotanya untuk mendalami dan mencari orang-orang atau kelompok yang diduga terafiliasi dengan kelompok Agus tersebut.

Halaman:

Editor: Usman Alwasim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x