NASA Akan Kirimkan Helikopter 'Robot Ilmuwan' ke Planet Mars

- 13 Juli 2020, 10:06 WIB
Vaneeza Rupani (kiri), pelajar SMA di Northport, Alabama, yang terpilih memberikan nama "Ingenuity" terhadap helikopter NASA.  (Voaindonesia)
Vaneeza Rupani (kiri), pelajar SMA di Northport, Alabama, yang terpilih memberikan nama "Ingenuity" terhadap helikopter NASA. (Voaindonesia) /


GALAMEDIA - NASA akan mengirim sebuah rover alias kendaraan eksplorasi ruang angkasa, ke permukaan planet Mars. Para ilmuwan NASA yang menggambarkan kendaraan itu sebagai “robot ilmuwan” mengirimkan Rover pada musim panas ini.

Sebuah helikopter yang diujicobakan di dalam Laboratorium Propulsion Jet NASA di Institut Teknologi California, menunjukkan alat itu dapat terbang di lingkungan yang dibangun untuk menyerupai kondisi planet Mars.

Havard Grip adalah Kepala Pilot Ingenuity Mars Helicopter, alias Helikopter Kecerdasan Mars, yang merupakan salah satu arsitek di balik algoritma yang membuat helikopter ini bisa terbang secara otonom.

Baca Juga: Petugas Cari Orang Garut yang Kontak dengan Pasien Baru Covid-19

“Bila kita dapat membuktikan bahwa penerbangan helikopter di lingkungan ini bisa dilakukan, maka hal itu dapat menjadi landasan bagi berbagai misi mendatang di mana kita dapat menggunakan helikopter dalam kapasitasnya untuk, misalnya, melakukan penyelidikan atau penelitian independen,” kata Havard dalam wawancara melalui Skype seperti dilansirkan Voaindonesia.

Uji coba tahap awal, di mana Ingenuity diterbangkan di ruang hampa udara berkarbon dioksida dengan pengendali jarak jauh, menunjukkan helikopter itu terkadang oleng.

“Uji coba itu sukses dalam beberapa hal… Ia menunjukkan bahwa menerbangkan helikopter di atmosfer yang tipis itu tidak saja memungkinkan untuk dilakukan, tapi juga menunjukkan bahwa kami harus benar-benar fokus menangani aspek pengendaliannya, memastikan bahwa kita memang bisa mengendalikan helikopter itu di lingkungan ini.”

Baca Juga: Pisces Hari Ini Banyak Menghabiskan dengan Orang spesial

Ingenuity, yang dijadwalkan untuk meluncur antara bulan Juli dan Agustus ini, tergabung dalam misi yang sama dengan Perseverance, rover generasi berikutnya yang akan mengeksplorasi Planet Merah.

Selain helikopter Ingenuity, NASA juga merancang sebuah toilet seharga 23 juta dolar, sekitar 330 miliar rupiah, yang akan dikirim ke Stasiun Antariksa Internasional ISS pada bulan September.

Toilet itu dirancang lebih kecil dan memudahkan astronot perempuan untuk menggunakannya, serta sesuai untuk misi ruang angkasa yang lebih jauh di masa mendatang.

Baca Juga: Dibandingkan Logam Lain, Ini yang Membuat Emas Jadi Istimewa

Badan antariksa itu juga mengumumkan sebuah sayembara pembuatan toilet “Lunar Loo” berhadiah 20 ribu dolar, alias hampir 300 juta rupiah, yang digelar hingga 17 Agustus mendatang. NASA menginginkan adanya sebuah desain toilet yang dapat menyesuaikan gravitasi bulan, yang memang berbeda dari mikrogravitasi di ruang angkasa.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x