Warga Kabupaten Bandung Barat Bisa Buat Replika Kapal Pinisi

- 13 Juli 2020, 12:43 WIB
/

GALAMEDIA - Kreativitas tanpa batas. Kalimat itu sering disebutkan, ditujukan bagi orang yang memiliki pemikiran kreatif, berbeda dari orang lain.

Sikap itu pula yang dimiliki Nur Ayat yang tinggal di Kampung Sindangsari RT 03/RW 012, Desa Laksanamekar, Kecamatan Padalarang,  Kabupaten Bandung Barat. Pemikiran yang kreatif dan tangannya yang terampil membuatnya menghasilkan sebuah karya yang menarik dan bernilai ekonomi.

Pria berumur 39 ini mampu mengolah bambu menjadi replika kapal pinisi. Sebuah kapal tradisional Indonesia asal Bugis, Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Aksi Damai, Driver Ojek Online: Ada Apa dengan Bandung

Kreativitasnya muncul manakala melihat banyak bambu di sekitar rumahnya. Malah bisa dikatakan melimpah, namun pada akhirnya hanya dibakar untuk pemanas batu.

"Kebetulan dekat rumah ada pabrik pengolah batu, jadi tiap hari selalu banyak bambu yang digunakan untuk pembakaran batu," kata Nur Ayat kepada galamedianews.com,  Senin, 13 Juli 2020.

Dari situlah muncul ide untuk memanfaatkan sisa bambu. Baru tahun 2019 lah ia mulai serius memanfaatkan bambu yang dibuatnya menjadi sebuah karya yang bernilai.

Baca Juga: Penyanyi Rap Lil Marlo Tewas Ditembak di Atlanta

"Tiap harinya begitu banyak bambu yang hanya dimanfaatkan sebagai bahan bakar," ucapnya.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X