Presiden Jokowi Nyatakan Bakal Segera Bubarkan 18 Lembaga Negara

- 13 Juli 2020, 18:55 WIB
Presiden RI, Joko Widodo. (foto: Twitter @jokowi). /


GALAMEDIA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan akan membubarkan sedikitnya 18 lembaga negara. Meski tak merinci lembaga negara yang bakal dibubarkan tersebut, Jokowi menyatakan bakal melakukannya dalam waktu dekat ini.

"Dalam waktu dekat ini ada 18 (lembaga negara yang dibubarkan)," ujar Jokowi kepada media di Istana Negara Jakarta, Senin (13/7/2020).

Ia pun mengungkapkan alasan pembubaran lembaga 18 negara Jokowi tersebut. Menurutnya, langkah itu harus dilakukan salah satunya untuk menekan anggaran. Sehingga anggaran lembaga tersebut bisa dilarikan ke kementerian maupun ke bagian direktorat.

Baca Juga: Ada Mafia Rusia dan India Dibalik Binis Pinjaman Online Ilegal di Indonesia

"Semakin ramping organisasi ya cost-nya kan semakin bisa kita kembalikan. Anggaran, biaya. Kalau pun bisa kembalikan ke menteri kementerian, ke dirjen, direktorat, direktur, kenapa kita harus pakai badan-badan itu lagi, ke komisi-komisi itu lagi," katanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan ingin agar lembaga negara yang ada dapat dibuat seefisien mungkin. Dengan demikian, pemerintahan bisa bergerak lebih cepat.

"Saya ingin kapal itu sesimpel mungkin sehingga bergeraknya menjadi cepat. Organisasi ke depan kira-kira seperti itu," ucap Jokowi.

Baca Juga: Hagia Sophia Jadi Masjid Yunani Sebut Menjijikan, Ancam Jadikan Rumah Kemal Ataturk Museum Genosida

"Bolak-balik kan saya sampaikan, negara cepat bisa mengalahkan negara yang lambat. Bukan negara gede mengalahkan negara yang kecil, enggak. Kita yakini," imbuhnya.

Jokowi beberapa waktu lalu mengancam akan melakukan perombakan kabinet atau reshuffle para menteri. Ia juga tak segan untuk membubarkan lembaga negara.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X