Meski Dikecam Gereja Ortodoks, Rusia Bela Erdogan Soal Hagia Sophia Difungsikan Jadi Masjid

- 13 Juli 2020, 21:39 WIB
Hagia Sophia.
Hagia Sophia. /Pixabay/Mojca J/


GALAMEDIA - Secara mengejutkan, Pemerintah Rusia mendukung penyataan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Menurutnya, keputusan untuk memfungsikan Hagia Sophia di Istanbul sebagai masjid merupakan urusan dalam negeri Turki.

"Kami melanjutkan dari fakta bahwa ini adalah urusan dalam negeri Turki yang mana kami ataupun pihak lain tidak boleh ikut campur," kata Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Vershinin, di Moskow, seperti dilansir AFP, Senin (13/7/2020).

Vershinin hanya menekankan bagaimanapun juga Hagia Sophia adalah bangunan yang penting bagi peradaban dunia.

Pernyataannya itu padahal bertolak belakang dengan Gereja Kristen Ortodoks Rusia. Pihak gereja menyatakan sangat kecewa dengan keputusan Turki.

Baca Juga: Banjir Besar China Sengaja Dibuat Sebagai Konspirasi Tutupi Bukti Virus Corona

"Keprihatinan jutaan umat Kristen tidak didengar," kata juru bicara Gereja Ortodoks Rusia, Vladimir Legoida.

Di sisi lain, Menteri Luar Negeri Luksemburg, Jean Asselborn, mengkritik keputusan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, yang memfungsikan Hagia Sophia menjadi masjid.

"Yang saya lihat apa yang terjadi saat ini terhadap Hagia Sophia adalah sebuah masalah," kata Asselborn di Brussels, Belgia, seperti dilansir Associated Press.

Pada 10 Juli lalu, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, memfungsikan kembali Hagia Sophia yang berada di Istanbul sebagai masjid. Keputusan ini menuai kekecewaan dari beberapa negara termasuk Amerika Serikat, Rusia, dan Yunani.

Baca Juga: Tinggalkan Suami dan Membelot ke AS, Ahli Virologi asal China Ini Beberkan Virus Corona kepada Dunia

Bahkan, Badan Pendidikan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) pun telah melayangkan protes resmi atas alih fungsi Hagia Sophia menjadi masjid, terutama karena pemerintah Turki tidak mengkomunikasikan hal itu sebelumnya.

Hagia Sophia dibangun pada tahun 537-1435 M. Di zaman Kekaisaran Byzantium, bangunan yang terkenal akan arsitektur dan kubah besarnya itu merupakan sebuah gereja.

Ketika Sultan Muhammad al Fatih (Mehmed II) merebut Konstantinopel (Istanbul) dari kekuasaan Kekaisaran Byzantium pada 1453, dia tidak menghancurkan gereja itu tetapi mengubahnya menjadi masjid.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Puncak Pandemi Virus Corona Terjadi pada Kisaran Agustus-September 2020

Akan tetapi, pemerintah Turki di bawah kepemimpinan mendiang Presiden Mustafa Kemal yang beraliran nasionalis sekuler memutuskan menjadikan Hagia Sophia sebagai museum.

Upaya Turki untuk kembali memfungsikan Hagia Sophia menjadi masjid sebenarnya sudah dilakukan sejak 2005. Dua tahun lalu Mahkamah Konstitusional Turki sempat menolak usulan tersebut.

Erdogan mengatakan warga bisa melakukan ibadah di Hagia Sophia mulai 24 Juli mendatang. Meski begitu, Erdogan memastikan Hagia Sophia tetap terbuka untuk umum.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x