Kota-kota Besar di China Bersiap Hadapi Serangan Lanjutan Covid-19

- 14 Juli 2020, 12:37 WIB
Ilustrasi. (Pixabay) /


GALAMEDIA - Meski di China saat ini wabah Covid-19 secara umum terkendali, namun kota-kota besar, seperti Wuhan dan Beijing, sedang menyusun rencana menghadapi gelombang lanjutan pada musim gugur dan musim dingin.

Para pakar kesehatan mengingatkan adanya penyebab infeksi yang tidak diketahui, wabah regional akibat kasus impor,  serta serangan ganda Covid-19 dan influenza yang merupakan penyakit musiman.

Pandemi itu akan terus berlanjut hingga musim dingin dan situasinya bisa jadi lebih buruk daripada sebelumnya, demikian peringatan Kepala Epidemiolog Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular China (CCDC) Wu Zunyou, sepreti dilarsirkan Antara dari media resmi setempat, Selasa 14 Juli 2020.

Baca Juga: PT Perkebunan Nusantara Grup Buka Lowongan Pekerjaan, Ini Posisi yang Dibutuhkan

Dia memperkirakan masa-masa mencekam di Wuhan pada awal tahun ini tidak akan terulang lagi di China.

Namun, Wu mengingatkan pemerintah China karena masih akan menghadapi dua hal penting. Pertama, wabah yang tidak diketahui penyebabnya seperti di pasar ikan di Wuhan yang muncul kembali di Pasar Induk Xinfadi, Beijing.

Kedua, penyebaran virus secara regional yang disebabkan oleh kasus impor, seperti yang terjadi di Shulan dan Suifenhe, Provinsi Heilongjiang.

Baca Juga: Dihajar Pandemi Corona, Jokowi Minta Pelaku UKM Tetap Bersemangat dan Bekerja Keras

Tiga bulan setelah status karantina wilayah (lockdown) Wuhan, Provinsi Hubei, dicabut pada 8 April, pengawasan terhadap COVID-19 terus berlanjut.

Lebih dari 80.000 sampel yang diambil dari masyarakat sekitar pada bulan lalu menunjukkan hasil negatif.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X