19 Tenaga Kesehatan di RSUD IA Moeis Samarinda Terkonfirmasi Positif Covid-19.

- 14 Juli 2020, 13:13 WIB
/

GALAMEDIA - Sebanyak 19 tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Inche Abdoel Moeis Samarinda terkonfirmasi positif Covid-19. Penemuan kasus tersebut berawal dari hasil "contact tracing" pada seluruh tenaga kerja kesehatan di RSUD tersebut pada 9 Juli 2020.

"Sebanyak 90 tenaga kesehatan yang dilakukan rapid test dengan IFA dan test swab, dan 19 orang diketahui hasilnya positif," kata Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur, Syaharie Jaang di Samarinda dalam rilis yang dilakukan di rumah jabatan Wali Kota Jalan S Parman,  Selasa, 14 Juli 2020.

Dengan kejadian ini, tim gugus menetapkan karantina wilayah di rumah sakit milik Pemkot Samarinda.

Baca Juga: PT Perkebunan Nusantara Grup Buka Lowongan Pekerjaan, Ini Posisi yang Dibutuhkan

Wali Kota Samarinda itu seperti dilansirkan Antara menyebutkan, telah terjadi transmisi lokal di RS IA Moeis Kota Samarinda dan terdapat 19 tenaga kesehatan yang telah dinyatakan hasil terkonfirmasi positif.

Saat ini tim surveilans Dinas Kesehatan Kota Samarinda telah melakukan contact tracing kepada seluruh anggota keluarga dan tenaga kesehatan di Rumah Sakit milik Pemkot Samarinda itu.

Direktur Utama RS IA Moeis Syarifah Rahimah mengatakan, hasil swab dari 90 tenaga medisnya belum semuanya keluar dan dimungkinkan bisa bertambah.

Baca Juga: Sebanyak 8 Orang Meninggal Dunia Akibat Banjir Bandang di Masamba Sulawesi Selatan

Sebagai antisipasi, pihaknya membuat kebijakan untuk menutup seluruh pelayanan yang ada di rumah sakit tersebut.

"Pelayanan RS kami sempat ditutup namun khusus untuk layanan IGD selama dua hari, namun saat ini kami telah menutup seluruh layanan medis untuk memutus mata rantai penularan," pungkas Syarifah. ***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x