Saat Pandemi Covid-19, 'Lifestyle experience' Jadi Kunci Mempertahankan Bisnis Online

- 14 Juli 2020, 13:33 WIB
Ilustrasi. (Mohamed_Hassan/Pixabay) /


GALAMEDIA - Pengalaman gaya hidup (lifestyle experience) jadi salah satu kunci agar bisnis yang dijalankan secara daring (online) dapat terus berjalan dan bertahan di kala pandemi virus corona (Covid-19).

Menurut dosen Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Dr Zaroni melalui konferensi virtual, Selasa, 14 Juli 2020, saat ini konsumen tak hanya menilai barang yang ia beli dan dapatkan, namun menilai kepuasannya ketika berbelanja di sebuah toko daring.

Tak hanya konsumen, hal ini juga berlaku bagi produsen dan distributor atau logistik. Produsen sebagai penyedia produk dan jasa pun memiliki pengalaman tersendiri ketika beralih secara digital.

Baca Juga: Kota-kota Besar di China Bersiap Hadapi Serangan Lanjutan Covid-19

Zaroni berpendapat, produsen dan penyedia jasa logistik harus dapat beradaptasi guna menyediakan produk dan layanan agar performanya dapat dialami dengan baik dan menyenangkan oleh para konsumen.

"Seller dan logistik juga mengalami ini. Ketika masyarakat beralih online, produsen juga memiliki (perubahan) pengalaman, mulai dari mengatur tampilan produk (di toko online), proses pemesanan, pembayaran, pengiriman, hingga retur," jelasnya seperti dilansirkan Antara.

Lebih lanjut, meskipun secara keseluruhan daya beli secara makro cenderung menurun karena dipengaruhi adanya penurunan penghasilan dan PHK yang dialami calon pembeli, Zaroni menilai pergeseran tren untuk penjualan barang daring ini dapat mendongkrak kembali minat konsumsi masyarakat.

Baca Juga: Di Masa Pemulihan Pandemi Covid-19, Penjualan BMW Hanya Turun 23 Persen

"Tiga bulan terakhir, daya beli lebih condong ke berpindah atau shifting dari offline ke online," kata dia.

"Pebisnis juga berpikir untuk memenuhi kebutuhan konsumen seiring dengan adanya pembatasan sosial, protokol kesehatan, dan lain-lain, agar lifestyle experience-nya (untuk konsumen) terbentuk," pungkasnya. ***

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X