Sebanyak 1.115 Orang Cluster Secapa Masih dalam Pengawasan dan Perawatan

- 14 Juli 2020, 15:53 WIB
Kadinkes Jabar Berli Hamdani Gelung Sakti.*/NOVIANTI NURULLIAH/PR
Kadinkes Jabar Berli Hamdani Gelung Sakti.*/NOVIANTI NURULLIAH/PR /Novianti Nurulliah/

GALAMEDIA - Sebanyak 1.115 dari 1.280 orang terpapar Covid-19 pada cluster Secapa AD masih dalam proses pengawasan dan perawatan. Sebanyak 98 orang di antaranya dinyatakan sembuh dan sisanya dirawat (pasien) sebanyak 67 orang.

Sementara itu treatment yang dilakukan di pemukiman sekitar kompleks Secapa AD dan Pusdikpom Cimahi di antaranya pada Jumat lalu, sudah dilakukan penyemprotan disinfektan oleh petugas RW setempat dan satuan tugas di wilayah tersebut.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Jabwa Barat, Berli Hamdani upaya yang dilakukan untuk menekan penularan Covid-19 di cluster Secapa AD kepada masyarakat sekitar sudah dilakukan rapid test kepada 48 orang dan sebanyak 28 orang langsung ditest usap (swab).

Baca Juga: Pangkogabwilhan II Geruduk Pasar Keputran Surabaya

“Hanya 28 yang reaktif dari hasil rapid test dan ke-28 orang itu langsung ditest swab. Tidak semua masyarakat sekitar yang bersedia dites. Rabu hingga Jumat pekan ini akan dilakukan tes kepada 600 warga sekitar,” ungkap Berli saat jumpa pers di Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Selasa 14 Juli 2020.

Ia menambahkan untuk pemantauan di sekolah berasrama atau tempat pendidikan militer dilakukan system surveillance secara berjenjang. Mulai dari Gugus Tugas Nasional (GTM), Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTTP) Covid-19 Jabar, GT kabupaten/kota hingga ke level desa atau kelurahan.

“Tidak hanya itu pemantauan juga dilakukan oleh pimpinan institusi terkait. Misalnya di Scapa AD, mabes TNI juga ikut melakukan pemantauan dengan system surveillance tadi,” jelas Berli.

Baca Juga: Hen Hen Asep Suhendar: Disiplin Laksanakan Protokol Kesehatan Saat Reses

Disinggung soal test PCR, GTTP Covid-19 Jabar akan mengikuti aturan dari WHO yakni 1 test PCR untuk 1.000 penduduk. Dengan begitu, test PCR di Jabar jumlahnya paling banyak di Indonesia, karena penduduknya pun paling banyak. Saat ini dalam test PCR, ditemui kendala, tidak hanya di Jabar tapi seluruh Indonesia.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x