Panglima TNI: Penegakkan Disiplin Kesehatan Cegah Penyebaran Covid-19  

- 14 Juli 2020, 20:50 WIB

 

GALAMEDIA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., memimpin rapat intern terkait Penegakkan Disiplin Kesehatan di delapan Provinsi prioritas di Indonesia yaitu Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Sumatera Utara dan Papua, bertempat di Subden Mabes TNI, Jl. Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa 14 Juli 2020.

Dalam rapat yang digelar secara virtual tersebut, Panglima TNI menyampaikan langsung perintah dari Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo terkait 3 T yaitu Testing (pengujian), Tracing (pelacakan) dan Treatment (perawatan) terkait melonjaknya kasus positif Covid-19 di kedelapan provinsi tersebut.

Panglima TNI menegaskan agar satuan jajaran TNI terus bekerjasama dengan Polri dan aparat Pemerintah Daerah lainnya guna memutus mata rantai dan mencegah penyebaran Covid-19, yang hingga saat ini masih terus meningkat.

Baca Juga: Sumedang Nambah 2 Pasien Positif Covid-19, Bupati Ngaku Prihatin

Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, masih banyak masyarakat yang enggan menggunakan masker saat berkegiatan di luar rumah dan di ruang-ruang publik saat transisi kebiasaan baru menjadi pemicu penularan virus Covid-19.

Panglima TNI menekankan bahwa sinergitas yang telah terjalin harus terus dilaksanakan termasuk diantaranya bersinergi dengan semua elemen yang ada, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda, untuk berpartisipasi membangun kesadaran kolektif menggunakan masker melalui penegakkan disiplin kesehatan.

Disamping itu, intervensi berbasis lokal juga harus diterapkan seperti yang telah dilaksanakan di Madiun dengan “Pendekar Waras” (Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Agar Warga Sehat), yang mampu melaksanakan pendekatan kepada masyarakat dengan hasil yang cukup baik.

Baca Juga: Ancam Bawa Massa Lebih Besar, ANAK NKRI Bakal Kembali Kepung Gedung DPR RI Tuntut RUU HIP Dicabut

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X