GEMPA BUMI DI BALI, Ini Penyebab Gempa Beruntun di Karangasem Bali Menurut Badan Geologi PVMBG

- 14 Desember 2022, 09:31 WIB
Gempa bumi di Bali, gempa beruntutn di Karangasem Bali warga bertahan di luar rumah. Akibat gempa tersebut terjadi kerusakan beberapa bangunan di Bali
Gempa bumi di Bali, gempa beruntutn di Karangasem Bali warga bertahan di luar rumah. Akibat gempa tersebut terjadi kerusakan beberapa bangunan di Bali /BNPB/


GALAMEDIA NEWS- Gempa bumi di Bali terjadi beruntun pada Selasa kemarin cukup kencang, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa yang berpusat di Karangasem Bali tersebut mencapai 5.2 magnitudo.

Gempa beruntun di Karangasem Bali membuat warga bertahan di luar rumah karena gempa terus terjadi tiga kali dengan skala cukup besar antara 4.7 magnitudo hingga 5.2 magnitudo.

Gempa bumi di Bali tersebut setelah dianalisis oleh Badan Geologi Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) diakibatkan oleh sesar naik busur belakang Flores.

Baca Juga: Ramai Dirinya Disebut Jadi Kandidat Walikota Bandung 2024, Andri Gunawan Tanggapi Begini

"Berdasarkan posisi lokasi pusat gempa bumi, kedalaman dan data mekanisme sumber (focal mechanism) dari BMKG dan GFZ Jerman, maka kejadian gempa bumi tersebut diakibatkan oleh aktivitas sesar aktif berupa sesar naik busur belakang Flores dengan mekanisme sesar naik," kata Plt Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid sebagaimana dalam rilis yang diterima Galamedia News, Rabu 14 Desember 2022.

Menurut Muhammad Wafid, sesar ini membentang di utara Bali, NTB hingga Flores dan pernah mengakibatkan terjadinya gempa bumi dahsyat pada tahun 2018.  

Seperti diketahui Selasa, tanggal 13 Desember 2022, pukul 04:14:14 WIB. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lokasi pusat gempa bumi terletak di laut pada koordinat 8,16 LS dan 115,62 BT, berjarak sekitar 31,69 km utara kota Amlapura (ibu kota Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali) dengan magnitudo (M5,2) pada kedalaman 10 km.

Kepala Badan Geologi menyampaikan, menurut informasi dari The United States Geological Survey (USGS) Amerika Serikat, lokasi pusat gempa bumi terletak pada koordinat 115,617 BT dan 8,261 LS dengan magnitudo M5,2 pada kedalaman 10 km.

Menurut data GeoForschungsZentrum (GFZ), Jerman, lokasi pusat gempa bumi berada pada koordinat 115,59 BT dan 8,27 LS, dengan magnitudo M5,2 pada kedalaman 10 km. Kejadian gempa bumi ini dimulai dengan gempa bumi awal dan juga terjadi gempa bumi susulan.

Baca Juga: Messi Tidak Terbendung! Agentina Melaju ke Final Piala Dunia 2022 Taklukan Kroasia 3-0

Halaman:

Editor: Ryan Pratama

Sumber: Badan Geologi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x