Pembangunan Kontruksi Prasarana Proyek Kereta Cepat Dikerjakan Lebih Masif di Tengah Pandemi

- 14 Juli 2020, 22:15 WIB
Pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung /dok

 

GALAMEDIA - Memasuki masa new normal, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung lebih mengoptimalkan aktivitas pekerjaan. Begitupun dengan konstruksi prasarana dikerjakan lebih masif di berbagai titik. Hal tersebut dikatakan oleh Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) Chandra Dwiputra, Selasa 14 Juli 2020.

Diungkapkannya, memasuki kuarter ke–2 tahun 2020, pengerjaan konstruksi akan lebih dioptimalkan dengan meminimalisir dampak yang merugikan.

"Tidak bisa kita pungkiri, sekarang ini masa-masa kritis dalam kegiatan pembangunan. Untuk itu kami selalu menegaskan kepada seluruh kontraktor untuk mengutamakan faktor keselamatan kerja dan kepedulian lingkungan,“ ujar Chandra.

Ia menambahkan, meski sekarang di tengah situasi pandemi Covid-19, namun konstruksi proyek kereta cepat terus berprogres di berbagai titik di sepanjang trase Jakarta-Bandung.

"Proyek tetap berjalan dengan tetap mengimplementasikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di seluruh lingkungan kerja proyek," tandasnya.

Ia mengungkapkan, progres pengerjaan konstruksi hingga awal Juli 2020 telah mencapai 53 persen. Salah satunya, konstruksi dua tunnel di Purwakarta yang berhasil ditembus.

"Saat ini sedang dalam tahap pengecoran akhir lapisan dinding (secondary lining). Dua tunnel tersebut adalah tunnel 5 sepanjang 422 meter yang ditembus pada pertengahan Maret 2020 lalu dan tunnel 3 sepanjang 735 meter pada akhir April 2020," ungkapnya.

Sampai sekarang, tiga dari 13 tunnel proyek kereta cepat Jakarta-Bandung sudah ditembus. Di sisi lain konstruksi pier struktur elevated juga terus dibangun dan sudah banyak berdiri sepanjang jalur tol mulai Jakarta hingga Bandung.

Pada beberapa titik di atas pier tersebut sudah siap untuk dipasang box girde.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X