Malaysia Tak Berkutik, Angkatan Laut China Melenggang Masuk Wilayah Negeri Jiran Sebanyak 89 Kali

- 15 Juli 2020, 03:15 WIB
Ilustrasi Armada Laut China langgar perbatasan Laut China Selatan. /


GALAMEDIA - Pemerintah Malaysia mengungkapkan kapal milik badan keamanan dan angkatan laut China melanggar batas wilayahnya di Laut China Selatan sebanyak 89 kali. Hal itu terjadi pada rentang 2016-2019.

Kapal-kapal milik China itu kerap tetap berlayar di perairan Malaysia, meskipun telah diusir oleh angkatan laut setempat.

Laporan itu terbit, Selasa (14/7/2020), di tengah meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat dan China karena klaim sepihak Beijing terhadap sebagian besar wilayah Laut China Selatan, perairan yang jadi jalur dagang internasional.

Baca Juga: Belum Ada Nama Valentino Rossi, Ini Susunan Pebalap MotoGP 2021 Usai Marquez Terdepak dari Repsol

Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Malaysia, dan Taiwan juga turut menyatakan hak milik terhadap perairan tersebut sehingga tumpang tindih dengan klaim China. Namun di beberapa kasus, tumpang tindih klaim itu terjadi antara satu sama lain.

Malaysia telah melayangkan enam nota keberatan ke China terkait pelanggaran batas wilayah, termasuk di antaranya saat China mengklaim perairan dangkal South Luconia Shoals pada 2017. Perairan itu merupakan wilayah tangkap ikan di Sarawak, Malaysia, demikian isi laporan yang disusun oleh Departemen Audit Nasional.

Penyusun laporan menyebutkan badan keamanan laut dan angkatan laut China tetap memasuki perairan Malaysia meskipun telah diusir oleh angkatan laut setempat.

Baca Juga: Tak Pakai Masker Didenda Rp 150 Ribu, Wali Kota Cimahi: Dendanya Terlalu Kecil

"Alasan dari ... langkah itu salah satunya untuk menunjukkan kehadiran China atas klaimnya di Laut China Selatan, khususnya di South Luconia Shoals," kata Departemen Audit Nasional.

Kementerian Luar Negeri China belum menanggapi laporan tersebut.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X