Hari Ini, Rabu 15 Juli 2020 Ada Fenomena 'Istiwa A'dham', Waktu yang Tepat Mengoreksi Arah Kiblat

- 15 Juli 2020, 08:41 WIB
Umat muslim melaksanakan salat tarawih di depan Kabah di Masjidil Haram pada hari pertama bulan suci Ramadhan ditengah pandemi virus corona (COVID-19), di kota suci Makkah, Arab Saudi, Jumat 24 April 2020.
Umat muslim melaksanakan salat tarawih di depan Kabah di Masjidil Haram pada hari pertama bulan suci Ramadhan ditengah pandemi virus corona (COVID-19), di kota suci Makkah, Arab Saudi, Jumat 24 April 2020. //ANTARA

GALAMEDIA - Hari ini, Rabu 15 Juli 2020, umat Islam di seluruh dunia, termasuk Indonesia, bisa kembali mengecek arah kiblat untuk shalat.

Pada hari ini dan besok, Kamis, 16 Juli 2020, matahari akan berada di atas Kabah, Makkah, Arab Saudi.

"Bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke Ka'bah," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar), Agus Salim.

Baca Juga: Update Hari Ini, Rabu 15 Juli 2020, Total Positif Corona di Jabar Capai 5.235 Kasus

Matahari akan ada di atas Kabah pada pukul 16.27 WIB di masing-masing hari. Secara tanggal dan waktu, fenomena alam serupa sama dengan peristiwa pada tahun 2018.

Menurut Agus, peristiwa semacam itu dikenal sebagai "Istiwa A'dham" atau "Rashdul Qiblah" yaitu waktu matahari di atas Ka'bah dengan bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat.

"Peristiwa yang sama terjadi juga pada 27 dan 28 Mei 2020 yang lalu,” terangnya seperti ditulis Antara, Selasa 14 Juli 2020.

Baca Juga: Terungkap! Yodi Editor Metro TV Sering Mampir dan Mengenal Pemilik Warung Dekat TKP Pembunuhan

Momentum tersebut, lanjut Agus, dapat digunakan umat Islam untuk memverifikasi kembali arah kiblat. Caranya dengan menyesuaikan arah kiblat dengan arah bayang-bayang benda pada saat "Rashdul Qiblah".

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x