Belum Ada SMA/SMK di Jabar yang Lakukan Belajar Tatap Muka  

- 15 Juli 2020, 16:16 WIB

 

GALAMEDIA - Hingga saat ini di Jabar belum ada SMA/SMK yang melakukan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka.

Meski Kota Sukabumi masuk dalam zona hijau, namun pembelajaran tatap muka di SMA/SMK di kota itu belum dilaksanakan.

Salah satu penyebabnya karena ada satu indikator yang mesti dipenuhi, yakni konsistensi pengendalian Covid-19. Terlebih, pelaksanaan pembelajaran tatap muka harus pula mengutamakan keselamatan dan kesehatan peserta didik di tengah pandemi.

Baca Juga: Tim SIGAB PPPA Daarul Qur'an Bantu Evakuasi Korban Banjir Bandang di Luwu Utara

"Kami harus melihat stabilitas zona Kota Sukabumi. Ini tidak bisa dilihat dalam satu pekan. Kami akan memantau status di sana. Jika konsisten berstatus zona hijau, akhir Juli akan evaluasi. Kemudian, kami akan membuat keputusan, apakah pembelajaran tatap muka di Kota Sukabumi dapat dilaksanakan," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) Dedi Supandi dalam siaran persnya, Rabu (15/7/2020).

Dedi melaporkan, 39 SMA/SMK di Kota Sukabumi sudah mengajukan kesiapan pembelajaran tatap muka. Pengajuan itu diserahkan kepada Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Jabar. Kemudian, diajukan ke Gugus Tugas Kota Sukabumi untuk dilihat indikator-indikator pembelajaran tatap muka terpenuhi.

Terdapat dua indikator besar yang sudah dipenuhi SMA/SMK Kota Sukabumi. Pertama, penerapan protokol kesehatan dalam menyambut pembelajaran tatap muka. Kedua, jumlah siswa yang bertempat tinggal di luar Kota Sukabumi, yakni sekitar 52 persen.

Baca Juga: Heboh, Alat Swab Test Virus Corona Patah di Hidung, Seorang Anak Meninggal Dunia

"Gugus Tugas Kota Sukabumi sudah menetapkan jumlah siswa dalam satu kelas, yaitu 12 orang. Shift pembelajaran sudah ditetapkan juga. Satu pekan kelas 10, pekan selanjutnya kelas 11, dan kelas 12. Semua persiapan sudah dilakukan dengan komprehensif," ucapnya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x