Tahun Depan, Menpora Serius Akan Kembangkan Sport Tourism

- 15 Juli 2020, 22:04 WIB
Menpora RI Zainudin Amali saat berbincang dengan sang juara PBSI Home Tournament Anthony Ginting. (Dok. PBSI). /

GALAMEDIA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali akan serius mengembangkan olahraga wisata (sport tourism) tahun 2021 sebagai salah satu ujung tombak menarik wisatawan mancanegara serta meningkatkan devisa negara.

"Kita mencoba untuk memulai kembali kepariwisataan kita khususnya sport tourism. Potensinya luar biasa tetapi karena pandemi sekarang ini maka semuanya terhenti," ujar Menpora dalam sebuah webinar di Jakarta, Rabu 16 Juli 2020.

Salah satu keseriusan pemerintah dalam mendorong sport tourism yakni dengan memasukannya ke dalam agenda peringatan besar pada Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 2021.

Baca Juga: MotoGP Jerez Spanyol: Vinales Tercepat di Tes Kedua, Marquez dan Danilo Petrucci Kecelakaan

Namun untuk membangun ekosistem tersebut Kemenpora tak bisa berjalan sendiri, pasalnya pengembangan antara olahraga dan pariwisata melibatkan kementerian-kementerian lainnya yang saling bersinggungan.

Ia mencontohkan saat akan mengembangkan sport tourism di bidang olahraga air seperti layar, jetski, hingga selancar harus berkoordinasi dengan Kemenko Marvest, Kemenpar, hingga Kemenparekraf.

Sebagai output-nya, pemerintah bisa membuat paket bagi turis yang tertarik untuk menjajal sport tourism yang ditawarkan. Dengan paket tersebut, wisatawan bisa menghabiskan waktu cukup lama di Indonesia dan tentunya disertai dengan membelanjakan uang tak sedikit.

"Negara-negara lain sudah banyak mendorong itu (sport tourism) dan devisanya diharapkan dari situ. Banyak yang bisa kita paketkan dan mendorong mereka (wisatawan) berlama-lama di sini," katanya.

Baca Juga: Eva Yuliana Minta Kepolisian dan Kejagung Bersinergi untuk Menangkap Djoko Tjandra

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X