Dunia Hari Ini: 16 Juli 1969, Apollo 11 Memulai Misi Membawa Manusia Menuju Bulan

- 16 Juli 2020, 07:25 WIB
Saturn V SA-506, roket yang membawa wahana antariksa Apollo 11. (wikipedia)
Saturn V SA-506, roket yang membawa wahana antariksa Apollo 11. (wikipedia) /

GALAMEDIA - Tanggal 16 Juli 1969 merupakan hari bersejarah bagi Amerika Serikat (AS) dan masyarakat dunia pada umumnya. Di hari ini, manusia memulai misinya menuju Bulan.

Apollo 11 adalah misi luar angkasa Amerika Serikat yang mendaratkan manusia pertama di Bulan. Apollo 11 diluncurkan oleh roket Saturn V dari Kennedy Space Center di Merritt Island, Florida, pada tanggal 16 Juli pukul 13.32 UTC.

Apollo 11 merupakan misi berawak kelima dari program Apollo NASA. Para astronotnya yaitu Komandan Neil A. Armstrong, Pilot Modul Komando Michael Collins dan Pilot Modul Lunar Edwin "Buzz" E. Aldrin Jr.

Baca Juga: MotoGP Jerez Spanyol: Vinales Tercepat di Tes Kedua, Marquez dan Danilo Petrucci Kecelakaan

Wahana antariksa Apollo memiliki tiga bagian, yakni modul komando (CM) yang dilengkapi kabin untuk tiga astronaut. Modul ini satu-satunya bagian yang kembali ke Bumi.

Kedua, yakni modul servis (SM) yang memberikan daya dorong, daya listrik, oksigen, dan air kepada modul komando.

Sedangkan ketiga yakni modul lunar (LM) yang memiliki dua kapsul—kapsul bawah untuk mendarat di Bulan dan kapsul atas untuk membawa astronaut kembali ke orbit Bulan.

Astronot Apollo 11. (NASA)
Astronot Apollo 11. (NASA)

Setelah dikirim ke Bulan oleh roket Saturn V, para astronaut memisahkan wahana Apollo dari roket tersebut. Mereka mulai melakukan perjalanan selama tiga hari untuk memasuki orbit Bulan.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x