Dua Tenaga Kesehatan Disalah Satu RS Di Kota Tasikmalaya Terpapar Covid 19

- 16 Juli 2020, 19:05 WIB
/

GALAMEDIA - Dua orang tenaga kesehatan di Kota Tasikmalaya terpapar Covid 19, dengan demikian kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di kora itu kembali bertambah.

Kepala Dinas Kesehatan, Uus Supangat menyebutkan, Jumlah akumulasi pasien terkonfirmasi covid -19 di Kota Tasikmalaya sebanyak 57 pasien. Data dari tim gugus tugas penanganan dan percepatan covid -19 Kota Tasikmalaya pada Kamis 16 Juli 2020,

Menurutnya, penambahan dua kasus tersebut merupakan tenaga kesehatan yang bertugas menanggulangi Covid-19 di Rumah Sakit (RS) Islam Tasikmalaya.

"Dua nakes terkonfirmasi positif Covid-19 setelah menjalani uji swab tes rutin ketika hendak memasuki masa istirahat, setelah bertugas menangani pasien," katanya.

Namun hasil data hasil swab itu baru diketahui setelah dua pekan kemudian yang hasilnya memang positif (Covid-19).

Karena setelah 12 hari baru diketahui hasilnya, kata Uus, maka kita lakukan swab ulang. "Alhamdulillah hasilnya negatif, kenapa hasilnya berubah lantaran hasil swab pertama diketahui setelah melewati masa inkubasi virus selama dua pekan," katanya.

Baca Juga: Kasus Positif Secapa AD Tidak Masuk ke Dalam Data Kasus Covid-19 Kota Bandung

Sementara hasil swab kedua, lanjut Uus, dapat diketahui dengan cepat karena pemeriksaannya menggunakan lembaga swasta. Sehingga hasil swab pertama dan kedua bisa diketahui dalam waktu yang hampir bersamaaan.

"Kenapa hasil swab tes pertama baru diketahui dalam waktu yang lama lantaran spesimen harus diperiksa di Labkesda Bandung dikarenakan Kota Tasikmalaya hingga saat ini belum memiliki alat yang dapat memeriksa spesimen swab tes Covid-19," katanya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x