Sebanyak 12' Calon Atlet dan Atlet Berprestasi Jabar Hidup Ekonomis

- 16 Juli 2020, 22:18 WIB
Ketua KONI Jabar Ahmad Saefudin
Ketua KONI Jabar Ahmad Saefudin /dok

 

BANDUNG-Sekitar 12 ribu calon atlet berprestasi dan atlet berprestasi di Jawa Barat yang dipersiapkan untuk perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua terdampak Covid-19.

Mereka tidak bisa melakukan aktivitas seperti di kondisi normal' baik untuk berlatih, mengikuti berbagai kejuaraan, maupun bersosialisasi hingga bertahan hidup secara ekonomis.

Baca Juga: Penyiram Air Keras Kepada Novel Baswedan Divonis 2 Tahun Penjara dan Pembonceng 1,5 Tahun

“Di kondisi pandemi ini, semua kegiatan disetop. Termasuk semua aktivitas keolahragaan, bahkan gelaran PON XX yang rencananya digelar di bulan Oktober tahun ini pun diundur menjadi tahun 2021. Begitu pula dengan agenda-agenda kejuaraan lain yang notabene menjadi mata pencaharian atlet serta masyarakat olahraga,” ungkap Wakil Ketua II Bidang Prestasi KONI Jabar, Yunyun Yudiana saat di kantor KONI Jabar, Jln Padjajaran Bandung, Kamis 16 Juli 2020.

Yunyun mengatakan, pada masa pandemi setidaknya ada tiga hal yang harus tetap dijaga yakni menjaga kesehatan, menjaga jaringan sosial kemasyarakatan, serta ketahanan ekonomi.

 

Baca Juga: Pemerintah Diminta Memperceoat Hasil Swab Test untuk Menekan Penularan Covid-19

“Kami menyampaikan kepada pemerintah jika sekitar 12 ribu calon atlet berprestasi dan atlet berprestasi di Jawa Barat yang harus kita jaga dari sisi tiga hal tadi. Dari data yang kami peroleh, sekitar 60 persen atlet tersebut terdampak pandemi Covid-19 karena mereka pun sebagai mahasiswa, wiraswasta, pegawai swasta, hingga keluarganya terdampak langsung kondisi pandemi ini,” jelasnya.

Pihaknya mengaku, KONI Jabar sebenarnya sudah menyiapkan pelaksanaan pemusatan latihan daerah (Pelatda) PON XX sejak tahun 2019 lalu. Pelatda PON XX dengan sistem sentralisasi di satu tempat pun sudah diagendakan akan digelar pada Januari 2020 lalu.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x