Pembangunan Dam Parit dan Embung-Embung Bisa Meningkatkan Produksi Pertanian

- 17 Juli 2020, 15:58 WIB
/Engkos Kosasih/

GALAMEDIA - Di tengah pandemi Covid-19, para petani maupun kelompok tani berhasil merampungkan pembangunan dua dam parit dan dua embung-embung di Kabupaten Bandung. Pembangunan infrastruktur pertanian itu berasal dari anggaran pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian RI, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jabar dan Dinas Pertanian Kabupaten Bandung.

Pembangunan dam parit dan embung-embung untuk infrastruktur pendukung pertanian itu, yaitu di Kecamatan Ibun dan Kecamatan Cicalengka. Tujuannya, untuk mendukung program peningkatan ketahanan pangan sekaligus untuk meningkatkan produksi pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Ir. H. A Tisna Umaran, M.P., melalui Kabid Sarana Prasarana Ir. Yayan Agustian, M.Si mengatakan, pembangunan infrastruktur pertanian itu, baik dam parit maupun embung-embung untuk sarana pertanian.

Baca Juga: Desa Cisayong Tasikmalaya Siap Gelar Festival Kampung Kolecer

"Pembangunan dam parit dan embung-embung itu untuk mengairi lahan pertanian disaat memasuki musim kemarau, selain untuk meningkatkan produksi pertanian. Bahkan dengan adanya pembangunan infrastruktur pertanian itu dapat menambah luas lahan pertanian," kata Yayan di Soreang, Jumat 17 Juli 2020.

Setelah melakukan pemantauan ke lapangan dan mendengar informasi dari para petani, Yayan mengungkapkan, khususnya untuk pengerjaan pembangunan dam parit di Desa Mekarwangi Kecamatan Ibun dapat mengairi lahan pertanian padi lebih dari 40 hektare.

"Sebelum ada pembangunan dam parit, kata petani hanya mengairi lahan seluas 32 hektare. Setelah ada pembangunan dam parit terjadi penambahan luas lahan pertanian yang terairi mencapai seluas 40 hektare lebih," katanya.

Baca Juga: Puan Maharani Umumkan PDIP Usung Gibran-Teguh di Pilkada Solo 2020

Yayan pun meyakini dengan adanya pembangunan dam parit itu dapat meningkatkan produksi pertanian gabah kering panen (GKP). Yang semula menghasilkan 5,8 GKP per hektare, dengan adanya pembangunan dam parit itu bisa meningkatkan produksi pertanian.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x