Buku Sabilulungan Untuk Negeri Jadi Referensi Kemendikbud

- 17 Juli 2020, 21:54 WIB
/Humas Pemkab Bandung/

GALAMEDIA - Buku ‘Sabilulungan Untuk Negeri’ karya Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, resmi dijadikan referensi penyusunan Buku Panduan Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Dalam penyusunan buku panduan tersebut, Kemendikbud membentuk tim yang terdiri dari beberapa akademisi, di mana salah satu anggotanya yaitu guru SMP Negeri 1 Margahayu, Siti Sa’ariah Kamila.

Siti Sa’ariah Kamila menyertakan buku ‘Sabilulungan Untuk Negeri’ saat memaparkan ‘Sabilulungan Studysaster’ kepada Kemendikbud. Studysaster sendiri adalah model pembelajaran berlandaskan kerjasama sinergis, yang diinisiasinya, untuk menghadapi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di masa pandemi covid-19.

Baca Juga: Jasad Aulia Ditemukan di Dalam Toren Air Adalah Korban Pembunuhan

“Sabilulungan Studysaster, menghasilkan produk berdasarkan minat, bakat dan kemampuan peserta didik, yang disesuaikan dengan lingkungan terdekat berbasis kearifan lokal,” jelas pengajar lulusan pendidikan formal Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jumat 17 Juli 2020.

Produk itu, beber Mila panggilan akrabnya, bisa berupa karya tulis, puisi, cerpen, video, foto, poster, komik dan lain-lain. Di sini, peserta didik diajak belajar memahami pengetahuan dengan cara mereka sendiri.

Baca Juga: Bawaslu : ASN Tetap Dalam Wilayah Netralitas

“Mereka bisa memahaminya dengan bantuan internet atau berdiskusi, sementara orangtua berperan sebagai fasilitator saja,” papar guru IPA yang pernah meraih juara 2 Teacher Contest JICA IMSTEP JAPAN dan juara 1 Lomba Inovasi Pembelajaran tingkat nasional tersebut.

Mila membeberkan, Sabilulungan Studysaster dinilai efektif diterapkan selama pembelajaran jarak jauh. Meski tidak bertatap muka, ia berharap peserta didik tetap bisa mendapatkan pengetahuan, pelajaran bahkan menggali potensi lain yang dimiliki.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x