Pasar Malam Rancasari Bandung Meriahkan Libur Natal dan Tahun Baru, 50 UMKM Ikut Terlibat

- 24 Desember 2022, 08:43 WIB
Sambut libur Natal dan Tahun Baru, inilah suasana pasar malam yang berlokasi di Kelurahan Mekarjaya,  Rancasari, Bandung
Sambut libur Natal dan Tahun Baru, inilah suasana pasar malam yang berlokasi di Kelurahan Mekarjaya, Rancasari, Bandung /Faisal Guntara/

 

 
  
GALAMEDIANEWS - Masyarakat Rancasari Bandung sambut perayaan hari libur natal dan tahun baru (Nataru) dengan datang ke pasar malam. 
 
Bagi yang ingin berkunjung, pasar malam ini terletak di Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung. 
 
Ketua Karang Taruna Mekarjaya, Rama Guna Wibawa mengatakan adanya pasar malam ini adalah bentuk kolaborasi nyata dari berbagai elemen organisasi yang ada di Kecamatan Rancasari, Bandung.
 
"Hadirnya pasar malam di Rancasari ini merupakan bentuk kolaborasi antara Karang Taruna, Kelurahan Mekarjaya, DPK KNPI Rancasari dan Putera Mekar," ujarnya pada Jumat, 23 Desember 2022. 
 
Selain untuk menjadi sarana rekreasi dan hiburan menjelang libur Natal dan Tahun Baru, Pasar Malam Rancasari juga turut membantu menumbuhkan UMKM sekitar pasar malam ini. 
 
"Selain untuk kesenangan dalam menyambut Natal dan Tahun Baru, kami juga mengangkat UMKM yang berada di kewilayahan," tutur Rama. 
 
Ia menuturkan, kurang lebih ada 50 UMKM yang ikut bergabung dan berjualan dalam Pasar Malam Rancasari Bandung. 
 
"Kita buka untuk UMKM se-Rancasari dan ada beberapa yang sudah ikut dalam Wahana," katanya. 
 
Ketua KNPI Rancasari, Kiki Muhammad mengatakan bahwa pasar malam merupakan tempat yang cocok bagi kehidupan UMKM. 
 
“Pagelaran UMKM berbalut hiburan Rakyat yang mengangkat perekonomian masyarakat sekitar pasar malam,” ujarnya. 
 
Kiki Muhammad selaku penyelenggara, berharap bisa mengangkat perekonomian rakyat, lebih khusus untuk masyarakat yang berada di daerah Pasar Malam Rancasari Bandung. 
 
“Harapan dengan hadirnya GSBD membantu mengangkat perekonomian masyarakat sekitar terutama kelas menengah dan kebawah agar roda ekonomi terus berjalan dan berputar,” kata Kiki. 
 
Kiki menuturkan, kegiatan ekonomi masyarakat sangat penting dan harus dilestarikan karena mempunyai banyak manfaatnya. 
 
“UMKM adalah kekuatan ekonomi paling fundamental dan sudah terbukti mampu menahan arus resesi dunia yg sedang ramai,” ucapnya. 
 
Dalam penyelenggaraannya, saat ini Pasar Malam Rancasari berjalan semestinya dan pihak penyelenggara terus membangun komunikasi dengan para elemen masyarakat dalam rangka promosi kegiatan. 
 
“Bagi saya pribadi untuk kegiatan kemaslahatan tidak ada hambatan apapun kalo kita berkomunikasi dan bekerjasama yg baik dengan semua terkait. Halangan selalu ada tapi bukan jadi hambatan buat kita untuk terus berkegiatan,” tuturnya. 
 
Kiki mengatakan, sebagai organisasi pemuda harus siap untuk memajukan dan melestarikan UMKM di Rancasari yang diawali oleh kegiatan Pasar Malam ini. 
 
“KNPI Rancasari akan terus focus untuk menjadi fasilitator dalam pengembangan, pelatihan dan pemberdayaan UMKM di wilayah terutama untuk kalangan pemuda,” ucap Kiki.***

Editor: Fasya Askanti

Sumber: Liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x