Bertambah, Pasien Positif di Klaster Secapa AD Bandung per Hari Ini Ada 849 Orang

- 18 Juli 2020, 14:34 WIB
Gerbang Secapa AD, Jalan Abdul Hamid, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat, 10 Juli 2020. /Pikiran-rakyat.com/ADE BAYU INDRA
Gerbang Secapa AD, Jalan Abdul Hamid, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat, 10 Juli 2020. /Pikiran-rakyat.com/ADE BAYU INDRA /

GALAMEDIA - Per hari ini, Sabtu (18/7/2020), pasien positif virus corona (Covid-19) dari klaster Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI Angkatan Darat (AD) di Bandung, masih ada sebanyak 849 orang.

Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen TNI Nefra Firdaus mengungkapkan sebenarnya ada tambahan pasien positif sebanyak satu orang.

"Dari beberapa spesimen swab ke-1 yang kering sebelum di tes di Lab PCR sehingga harus diulang swab ke-1, ada tambahan 1 pasien positif," kata Neta dalam keterangan persnya, Sabtu (18/7/2020).

Baca Juga: Napi Bandar Narkoba dari Jawa Barat Diboyong ke Nusakambangan, Ada yang Divonis Hukuman Mati

Meski begitu hasil Lab PCR dari swab ke-2 pasien di Secapa AD juga tercatat ada 100 pasien yang dinyatakan negatif.

"Jadi dari total 1.308 pasien positif Covid-19 di Secapa AD pada pagi ini sudah berkurang 459 orang menjadi tingga 849 orang," ujarnya.

Diketahui, Secapa TNI AD di Bandung diketahui menjadi klaster baru penularan virus corona Jabar. Lingkungan pendidikan militer itu akhirnya dikarantina.

Baca Juga: Legislator: 1,6 Juta Hektare Lahan Hutan di Indonesia Sengaja Dibakar

Tak hanya itu, masyarakat yang tinggal di sekitar Secapa AD juga menjalani rapid test atau uji cepat virus corona. Mereka dikhawatirkan sempat menjalin kontak dengan calon perwira yang bersekolah di Secapa AD.

Terkait klaster ini, Wali Kota Bandung Oded M Danial bahkan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) mulai Rabu (15/7/2020).

Hal itu tertuang dalam Peraturan Wali Kota (Perwal) Bandung No. 40 Tahun 2020 tentang pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) sejak 14 Juli sampai masa inkubasi terpanjang selama 14 hari ke depan atau 28 Juli.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x