FFI Gelar Renovasi Kandang Sapi di Lembang dan Pangalengan untuk Tingkatkan Produksivita Susu

- 18 Juli 2020, 17:57 WIB
 Sejumlah pengusaha atau penjual hewan kurban di Kabupaten Tasikmalaya merasakan tahun ini menurun drastis akibat pandemi covid 19. 
Sejumlah pengusaha atau penjual hewan kurban di Kabupaten Tasikmalaya merasakan tahun ini menurun drastis akibat pandemi covid 19.  /Septian Danardi/

GALAMEDIA - Kandang sapi milik peternak di Lembang dan Pangalengan, Jawa Barat direnovasi agar lebih baik sehingga meningkatkan produktivitas susu sapi.

"Program ini dimaksudkan untuk membantu peternak sapi perah menghadapi tantangan menyamankan sapi dan memudahkan pekerjaan di kandang, karena dengan meningkatkan kenyamanan sapi perah sehingga menghasilkan produktivitas yang lebih baik," kata Project Manager DDP & FDOV PT Frisian Flag Indonesia (FFI), Akhmad Sawaldi dalam keterangan persnya, Sabtu 18 Juli 2020.

FFI menggelar program renovasi kandang mengacu pada Good Dairy Farming Practice (GDFP) yang diterapkan oleh FrieslandCampina di seluruh dunia.

Baca Juga: Kemenparekraf dan Disparbud Kabupaten Bandung Laksanakan Program Gerakan Bisa

Program tersebut untuk membantu peternak yang merupakan mitra FFI dalam menyediakan produk-produk bergizi untuk memiliki kandang ideal yang lebih nyaman dan higienis bagi sapi perah ternaknya agar dapat meningkatkan produktivitas susu.

Memiliki kandang yang baik dan sesuai standar adalah syarat penting bagi kenyamanan peternak dan sapi perah, karena kandang berfungsi sebagai rumah bagi ternak dan sarana untuk melakukan berbagai aktivitas produksi lainnya.

Syarat kandang yang baik ditentukan oleh pemilihan lokasi, tata letak, konstruksi, bahan, sirkulasi udara dan perlengkapan kandang.

Baca Juga: Ayo Buka Jendela Setiap Pagi, Hari Ini Sabtu 18 Juli Kasus Positif Corona di Indonesia Tambah 1.752

Saat ini sebagian besar kondisi kandang sapi perah di Indonesia belum memenuhi syarat-syarat tersebut, kata Akhmad.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x