Bupati Ciamis Murka Dituduh Manipulasi Data Pasien Covid-19 oleh Ketua Banggar DPR RI

- 18 Juli 2020, 18:30 WIB
Pasien Covid-19 Brasil terbaring di antara kantong mayat. (dailymail)
Pasien Covid-19 Brasil terbaring di antara kantong mayat. (dailymail) /

GALAMEDIA - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya murka dan membantah tuduhan yang disampaikan Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah terkait adanya beberapa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), salah satunya Kabupaten Ciamis, yang memanipulasi data pasien positif Covid-19 untuk mendapatkan bantuan anggaran dari pemerintah pusat.

"Tidak benar terkait tuduhan yang disampaikan Said Abdullah mengenai manipulasi data terkonfirmasi positif Covid-19 di Ciamis," kata Bupati Ciamis Herdiat melalui siaran pers Humas Pemkab Ciamis, Sabtu 18 Juli 2020.

Bantahan itu setelah diketahui Ketua Badan Anggaran DPR RI Said Abdullah menyampaikan kepada Menteri Kesehatan Terawan tentang adanya rumah sakit "nakal" di sejumlah daerah yang mengubah data pasien dinyatakan positif Covid-19 untuk mendapatkan anggaran dari pusat.

Baca Juga: Ngaku Telah Berbuat Bodoh, Polisi Tak Percaya Catherine Wilson Baru Nyabu Dua Bulan

Daerah yang disebutkan Said Abdullah, lanjut Herdiat, yakni beberapa daerah salah satunya Kabupaten Ciamis yang diduga melakukan manipulasi data pasien positif Covid-19, padahal petugas selalu memperbarui secara akurat sesuai dengan kondisi di lapangan.

"Pemkab Ciamis selalu update data perkembangan penanganan Covid-19 setiap hari sesuai dengan data sebenarnya," katanya.

Ia mengungkapkan selama ini RSUD Ciamis belum memiliki alat tes PCR untuk memeriksa kondisi kesehatan seseorang positif atau negatif Covid-19.

Baca Juga: Susul Amitabh Bachchan, Megabintang Bollywood Ini Dilarikan ke Rumah Sakit Gara-Gara Kena Corona

RSUD Ciamis, kata dia, masih mengandalkan pengujian hasil tes usap pasien di Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Jawa Barat di Bandung yang berwenang mengeluarkan hasil tes usap terjangkit Covid-19 atau tidak.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x