Menpora Dorong Suporter di Indonesia Berpartisipasi Ikut Menyukseskan Piala Dunia U-20

- 18 Juli 2020, 18:49 WIB
Menpora Zainudin Amali (kiri) bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.
Menpora Zainudin Amali (kiri) bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. /

GALAMEDIA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mendorong seluruh elemen suporter di Tanah Air untuk berpartisipasi dalam menyukseskan gelaran Piala Dunia U-20 yang akan digelar tahun depan.

"Suporter memiliki peran besar terhadap sepakbola Indonesia, apalagi akan menghadapi Piala Dunia U-20 2021 dan Indonesia akan menjadi tuan rumah. Di Piala Dunia U-20 2021 nanti, suporter menjadi bagian yang penting," ujar Menpora dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu 18 Juli 2020.

Hal tersebut disampaikan Zainudin saat menutup kegiatan pelatihan manajemen suporter pada Jumat 17 Juli 2020. Menpora mengatakan salah satu elemen penting dalam menyukseskan gelaran akbar ini yakni manajemen suporter.

Baca Juga: Bupati Ciamis Murka Dituduh Manipulasi Data Pasien Covid-19 oleh Ketua Banggar DPR RI

Sepak bola Indonesia yang dikenal dengan suporter fanatiknya memiliki dua sisi yang bersinggungan. Di satu sisi, apabila manajemen suporter bisa dikelola dengan baik maka akan menjadi sebuah kekuatan besar bagi Indonesia.

Sebaliknya, jika tak dikelola dengan baik, maka kefanatikan yang terakumulasi dalam semangat negatif bakal membuat citra pesepakbolaan di Indonesia dipandang sebelah mata.

"Saya berharap suporter bola bisa menunjukkan fanatismenya secara elegan dan sesuai ketentuan FIFA. Tentunya dengan catatan kita berharap di tahun depan kondisi Covid-19 sudah membaik sehingga laga Piala Dunia bisa disaksikan langsung suporter," kata dia.

Baca Juga: Ngaku Telah Berbuat Bodoh, Polisi Tak Percaya Catherine Wilson Baru Nyabu Dua Bulan

Menpora juga menjelaskan perkembangan sepakbola di Indonesia dipantau oleh FIFA. Indonesia dianggap menjadi salah satu negara yang sangat serius untuk membangun sepak bolanya. Sehingga Indonesia yang dipilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x