Bendungan Sadawarna Sumedang Jawa Barat Diresmikan, Jokowi: Awas Kalau Produksi Beras Tidak Naik!

- 28 Desember 2022, 14:00 WIB
Peresmian Bendungan Sadawarna di Sumedang Jawa Barat, Jokowi mewanti-wanti agar produksi beras naik dan tidak turun.
Peresmian Bendungan Sadawarna di Sumedang Jawa Barat, Jokowi mewanti-wanti agar produksi beras naik dan tidak turun. /jabarprov.go.id/

GALAMEDIANEWS – Bendungan Sadawarna di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat telah diresmikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Selasa 27 Desember 2022.

Dengan diresmikannya Bendungan Sadawarna Sumedang, Jokowi mewanti-wanti jangan sampai produksi beras Indramayu tidak naik.

Pasalnya, Bendungan Sadawarna yang diresmikan Jokowi itu lebih banyak digunakan untuk mengairi area pesawahan Kabupaten Indramayu sebagai lumbung beras di Jawa Barat.

Oleh karena itu, Jokowi berharap dengan adanya Bendungan Sadawarna ini produksi beras baik di Indramayu, Sumedang maupun Subang bisa naik secara signifikan.

Baca Juga: Ini Kata Bupati Anne Ratna Mustika Soal Keluarga dan Perempuan di HUT Dharma Wanita Persatuan Purwakarta

“Jadi, kalau bendungannya sudah ada tapi nanti Indramayu tidak naik produksi padinya, awas. Karena kita tahu Indramayu adalah penyumbang surplus beras nomor satu terbesar di Indonesia. Kita harapkan tidak turun, tapi naik seperti yang Pak Gubernur Jabar sampaikan,” kata Jokowi.

Apalagi pembangunan Bendungan Sadawarna ini ini telah menelan biaya yang sangat besar, jadi harus dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi beras secara optimal.

“Bendungan ini menelan anggaran Rp 2,65 triliun, bukan uang sedikit,” kata Presiden lagi.

Jokowi mewanti-wanti agar hadirnya Bendungan Sadawarna bisa mendukung produktivitas pertanian, terutama padi dan komoditas holtikultura sehingga terbentuk ketahanan pangan.

Halaman:

Editor: Nalarya Nugraha

Sumber: Jabarprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x