TRAGEDI KANJURUHAN Bukan Pelanggaran HAM Berat, Mahfud MD: Betulkan Saya Bilang

- 29 Desember 2022, 16:40 WIB
Tragedi Kanjuruhan yang terjadi beberapa waktu lalu dinilai bukan pelanggaran HAM berat..
Tragedi Kanjuruhan yang terjadi beberapa waktu lalu dinilai bukan pelanggaran HAM berat.. /PMJ News

GALAMEDIANEWS - Tragedi kemanusiaan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur yang terjadi pada 1 Oktober 2022, dinilai bukan termasuk kategori pelanggaran HAM berat.

Koordinator Subkomisi Penegakan HAM/Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan/Komisioner Pengawasan Komnas HAM Uli Parulian Sihombing, Kamis 29 Desember 2022 menuturkan berdasarkan laporan tidak menyebutkan adanya pelanggaran HAM berat.

Laporan yang dimaksud, merujuk kepada laporan pemantauan dan penyelidikan tragedi kemanusiaan di Stadion Kanjuruhan Malang 1 Oktober 2022 yang dikeluarkan Komnas HAM pada 2 November 2022.

Baca Juga: KLIK LANGSUNG LINK LIVE STREAMING INDONESIA vs THAILAND Piala AFF 2022 di SINI

Menurutnya seperti dilansirkan Antara, Komnas HAM sedang memantau rekomendasi dari laporan pemantauan yang dilakukan lembaga HAM tersebut.

Merujuk laporan Komnas HAM tertanggal 2 November 2022 terdapat beberapa poin kesimpulan, di antaranya Komnas HAM menyatakan tragedi Kanjuruhan merupakan peristiwa pelanggaran HAM yang terjadi akibat tata kelola sepak bola yang diselenggarakan dengan cara tidak menjalankan, menghormati dan memastikan prinsip dan norma keselamatan serta keamanan penyelenggaraan sepak bola.

Selain itu, kejadian kanjuruhan terjadi karena tindakan excessive use of force, terdapat sistem pengamanan yang menyalahi aturan PSSI dan FIFA dengan pelibatan kepolisian dan TNI antara lain masuknya gas air mata serta penembakan gas air mata, penggunaan simbol-simbol keamanan yang dilarang dan fasilitas kendaraan.

Baca Juga: 4 Bakso Bandung yang Enak, Layak Jadi Destinasi Wisata Kuliner di Libur Akhir Tahun

Pelanggaran aturan PSSI dan FIFA terjadi, dikarenakan desain pengamanan dalam seluruh pertandingan sepak bola yang menjadi tanggung jawab PSSI tidak memedulikan prinsip keselamatan, dan keamanan yang terdapat di regulasi PSSI maupun FIFA.

Halaman:

Editor: Reza Rafaeza

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x