8 Partai Politik Tolak Pemilu 2024 dengan Sistem Proporsional Tertutup, Airlangga: Kemunduran Demokrasi

- 9 Januari 2023, 10:35 WIB
8 partai politik menolak sistem proporsional tertutup pada Pemilu 2024 kaerena dianggap sebagai kemunduran demokrasi.
8 partai politik menolak sistem proporsional tertutup pada Pemilu 2024 kaerena dianggap sebagai kemunduran demokrasi. /partaigolkar.com/

GALAMEDIANEWS – Sebanyak 8 partai politik atau parpol menolak sistem proporsional tertutup pada Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

Menurut Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto Pemilu 2024 dengan sistem proporsional tertutup merupakan kemunduran demokrasi.

Kesepakatan 8 partai politik yang menolak sistem proporsional tertutup pada Pemilu 2024 tersebut dihasilkan melalui pertemuan yang digelar di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Minggu 8 Januari 2023.

Ke-8 partai politik peserta Pemilu 2024 yang menolak sistem proporsional tertutup tersebut yakni Golkar, Demokrat, Gerindra, PAN, PKB, PKS, PPP, dan Nasdem.

Baca Juga: Jadwal Semifinal Piala AFF 2022 Vietnam vs Indonesia Hari Ini, Tayang Jam Berapa?

Oleh karena itu, mereka pun tetap menegaskan agar Pemilihan Umum 2024 tetap dilakukan secara terbuka.

“Sistem pemilu proporsional terbuka merupakan perwujudan dari demokrasi yang berazaskan kedaulatan rakyat. Dimana rakyat dapat menentukan calon anggota legislatif yang dicalonkan oleh partai politik. Kami tidak ingin demokrasi mundur,” ujar Airlangga.

Hal senada juga pernah disampaikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

“Kami Partai Demokrat menolak keras upaya mengembalikan sistem pemilu, dari sistem proporsional terbuka menjadi proporsional tertutup. Ini memundurkan kualitas demokrasi, mengembalikan model kekuasaan sentralistik dan menafikkan kerja keras kader partai dalam membina konstituen,” ujar AHY.

Halaman:

Editor: Nalarya Nugraha

Sumber: partaigolkar.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x