Pengertian Perceraian dan Faktor yang mengakibatkan Perceraian

- 21 Januari 2023, 07:26 WIB
Ilustrasi perceraian. Perceraian sesuatu hal yang tidak diinginkan oleh semua pasangan ketika berkeluarga
Ilustrasi perceraian. Perceraian sesuatu hal yang tidak diinginkan oleh semua pasangan ketika berkeluarga /pexels


GALAMEDIANEWS – Perceraian adalah berakhirnya suatu hubungan suami istri, suami bisa menggugat cerai istri atau mentalaknya, sedangkan istri hanya bisa menggugat cerai suaminya. Suami istri dikatakan resmi bercerai oleh keputusan hakim secara resmi didalam pengadilan agama.

Perceraian sendiri bisa dibilang akhir dari sebuah hubungan suami istri, akibat adanya ketidak stabilan dalam menjalankan hubungan berkeluarga.

Konflik yang ditimbulkan akibat adanya permasalahan yang belum terselesaikan, dapat mengganggu ketidakharmonisan dalam suatu hubungan suami istri.

Baca Juga: Kapan Preman Pensiun 8 Tayang? Ini Profil 5 Preman Paling Kuat di Sinetron Garapan Aris Nugraha

Akibat terjadinya perceraian banyak permasalahan, timbulnya pertengkaran antara pasangan suami istri, yang mengakibatkan keretakan rumah tangga, sehingga mereka menganggap tidak ada kecocokan dan solusi terhadap rumah tangga mereka yang berantakan.

Perceraian bisa terjadi sesuai dengan kesepakatan bersama atau salah satu pihak.

Berikut Faktor yang Mengakibatkan Perceraian :

 

1.    Adanya Perbedaan prinsip

Seiring dengan berjalanya suatu pernikahan dan waktu yang telah dilalui bersama, sebuah pasangan akan mengalami masa dimana banyak perubahan yang dirasakan oleh pasangannya. Adakalanya perubahan yang terjadi mengakibatkan ketidakharmonisan dalam berkeluarga. Perbedaan pendapat pun sering terjadi ketika kita menginginkan sesuatu tapi pasangan tidak, misalnya seperti ingin pindah rumah dan merantau, berbeda prinsip kehidupan, perbedaan ketika bekerja dll.

2.    Permasalahan Ekonomi atau Keuangan

Ketika sudah menikah dan menjalani kehidupan berkeluarga tentu saja banyak pengeluaran yang dialami, bahkan terkadang ada saja kebutuhan yang seharusnya terpenuhi tetapi tidak terpenuhi yang mengakibatkan munculnya konflik dalam keluarga dan permasalah-permasalahan yang terjadi.

Baca Juga: Satu Hari lagi Bulan Rajab Nih! Kenali Amalan dan Keutamaanya

3.    Banyak Mengalami Pertengkaran

Memang terkadang sekali bertengkar wajar, akan tetapi jika sering bertengkar maka mengakibatkan hubungan menjadi retak dan timbulnya permasalahan dalam rumah tangga, ketika bertengkar juga sering terjadi munculnya amarah yang bergejolak dan tidak terselesaikan karena tidak adanya kata saling memahami satu sama lain ataupun mengalah terhadap pasangan yang mengakibatkan perceraian.

4.    Menikah Muda

Banyak pasangan yang memilih untuk menikah di usia muda, meskipun begitu terkadang karena menikah terlalu muda bisa menimbulkan perceraian, dilihat dari kesiapan mereka yang belum siap, masih ada yang bersifat kekanakan, terkadang mengambil keputusan tergesa-gesa atau terlalu cepat, dan hal sebagainya.

5.    Masih Rendahnya Komitmen

Seorang pasangan ketika menikah menjalin suatu komitmen pernikahan dimana pasangan ini akan mendukung, setia,  saling mengasihi, menghargai satu sama lain dan lain sebagainya. Namun terkadang setelah menikah ada saja hal yang membuat komitmen yang telah mereka buat menjadi berkurang, terkadang mereka tidak memegang teguh apa yang telah diucapkan ketika janji dalam sebuah pernikahan atau karena masalah yang terjadi di pernikahan mereka.   

Baca Juga: Kuy Klaim Kode Redeem FF Terbaru 1 Menit yang Lalu, Dapatkan Reward Diamond 1000 dan M1887 Mamba Gnaw

Halaman:

Editor: Ryan Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x