3 Sesar Aktif yang Bisa Sebabkan Gempa di Jawa Barat, Selain Sesar Garsela

- 28 Januari 2023, 11:51 WIB
Penampakan Gunung Batu di Kabupaten Bandung Barat yang merupakan bagian dari Sesar Lembang.
Penampakan Gunung Batu di Kabupaten Bandung Barat yang merupakan bagian dari Sesar Lembang. /Pikiran Rakyat/Armin Abdul Jabbar

GALAMEDIANEWS - Kabupaten Bandung diguncang gempa bumi tektonik, Sabtu 28 Januari 2023 pukul 01:00 WIB. Gempa tersebut termasuk jenis gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela.

Hasil analisa BMKG yang diunggah laman Instagram @bmkgbandung menunjukkan, gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Bandung berkekuatan M=4,0.

Episenter gempa tersebut terletak pada koordinat 7.22 LS dan 107.59 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 23 km Tenggara Kabupaten Bandung pada kedalaman 5 km.

Baca Juga: INFO Gempa Kabupaten Bandung dari BMKG, Dampak dan Penyebabnya

Selain sesar Garsela, masyarakat di Jawa Barat harus mewaspadai gempa akibat sesar lainnya. Sebab di Jawa Barat ada beberapa sesar yang aktif.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan ada sejumlah daerah yang merupakan wilayah sesar aktif di Jawa Barat.

Wilayah tersebut yakni Cianjur, Sukabumi, Lembang, Purwakarta dan Bandung.

Baca Juga: Jadwal Tayang 3 Wakil Indonesia di Semifinal Daihatsu Indonesia Masters 2023, Berikut Link Live Streaming

Dimana untuk wilayah Cianjur, Sukabumi, Lembang, Purwakarta dan Bandung dilewati sesar Cimandiri, Padalarang, Lembang, Cirata, dan sesar-sesar minor lainnya.

Halaman:

Editor: Reza Rafaeza

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x