GEMPA Kemarin Malam di Garut Mengakibatkan Sejumlah Bangunan Rusak dan Warga Luka Luka

- 2 Februari 2023, 09:49 WIB
info BMKG gempa hari ini, yang terjadi getaran gempa nya kemarin malam di Garut mengakibatkan bangunan rusak dan korban luka
info BMKG gempa hari ini, yang terjadi getaran gempa nya kemarin malam di Garut mengakibatkan bangunan rusak dan korban luka /bmkg.go.id/



GALAMEDIA NEWS- Gempa kemarin malam Rabu 1 Februari 2023 di Garut menyebabkan terjadinya korban luka dan beberapa bangunan mengalami kerusakan akibat getara gempa berkekuatan 4.3 magnitudo.

Info BMKG Gempa hari, kemarin malam pusat gempa berada di 19,4 barat daya Kota Barut Provinsi Jawa Barat dengan kedalaman 3 km.

Gempa kemarin malam menurut Plt Kepala Badan Geologi M Wafid, berdasarkan anasilis nya gempa di garut tersebut termasuk kategori merusak.

Baca Juga: SURAT YASIN Ayat 1-83 Lengkap Tulisan Arab, Latin dan Terjemahan Indonesia, Yuk Baca untuk Raih Keutamaannya

Info BMKG Gempa Hari Ini

Gempa bumi terjadi pada hari Rabu, tanggal 1 Februari 2023, pukul 22:57:21 WIB. Lokasi pusat gempa bumi terletak di darat pada koordinat 107,73 BT dan 7,27 LS, berjarak sekitar 19,4 km barat daya Kota Garut, Provinsi Jawa Barat, dengan magnitudo (M4,3) pada kedalaman 3 km.

Menurut data The United States Geological Survey (USGS) Amerika Serikat, lokasi pusat gempa bumi terletak pada koordinat 107,613 BT dan 7,290 LS dengan magnitudo (M4,4) pada kedalaman 10 km. Berdasarkan data dari GeoForschungsZentrum (GFZ), Jerman, lokasi pusat gempa bumi berada pada koordinat 107,7 BT dan 7,20 LS, dengan magnitudo (M4,5) pada kedalaman 10 km.

 

Penyebab Gempa Kemarin Malam

Lokasi pusat gempa bumi terletak di darat di wilayah Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Morfologi daerah sekitar pusat gempa bumi merupakan perbukitan bergelombang hingga perbukitan terjal dan setempat merupakan lembah.

Wilayah ini secara umum tersusun oleh tanah sedang (kelas D) dan tanah keras/ batuan lunak (kelas C). Batuannya merupakan endapan Kuarter berupa batuan rombakan gunung api muda terdiri-dari breksi gunung api, lava dan tuff. Sebagian batuan rombakan gunung api tersebut telah mengalami pelapukan.

Endapan Kuarter secara umum bersifat lunak, lepas, belum kompak (unconsolidated) dan memperkuat efek guncangan, sehingga rawan gempa bumi.

Halaman:

Editor: Ryan Pratama

Sumber: Badan Geologi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x