Tak Perlu Risau! Gagal Praktek SIM C Bisa Diulang di Hari yang Sama

- 3 Februari 2023, 15:09 WIB
Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) bisa kembali dilakukan di hari yang sama jika gagal dalam pelaksanaan prakteknya
Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) bisa kembali dilakukan di hari yang sama jika gagal dalam pelaksanaan prakteknya /Pixabay/Keerthi Kumar//

GALAMEDIANEWS – Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) bisa kembali dilakukan di hari yang sama jika gagal dalam pelaksanaan prakteknya untuk memberikan keringanan bagi masyarakat yang hendak membuat surat tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dir Regident) Korlantas Polri Brigadir Jenderal Yusri Yunus, seperti yang dilansir dari Antara News.

Namun dia menekankan bukan berarti mencoba terus-menerus hingga lulus maksimal dua atau tiga kali, dengan aturan yang sudah ditetapkan.

“Beberapa kali ini jangan diartikan sampai dia lulus ya, mereka bisa mencoba dengan aturan yang sudah ada, ya maksimal itu dua atau tiga kali,” ucap Yusri saat dihubungi pada Rabu, 3 Februari 2023.

Baca Juga: PENTING! Berikut Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi dengan Rempah Kunyit, Obat Tradisional yang Mudah Ditemukan

Menurutnya, jika pemohon pembuatan SIM C diberikan kebebasan untuk mencoba secara berulang kali hingga sampai lulus, maka tentunya akan menghambat antrian masyarakat yang juga ingin ikut praktek pembuatan SIM.

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan pemohon gagal dalam ujian praktik membuat sim, contoh yang sering terjadi adalah rasa grogi atau cemas.

“Ya kalau kita berikan sampai dia lulus, misal dia baru lulus 10 kali percobaan kan nantinya yang dibelakang akan marah-marah dong. Karena antrian akan panjang, bisa saja dia grogi pada saat ujian,” ucap Yusri.

Maka dari itu, pihaknya memberikan kesempatan kepada mereka yang gagal dalam praktek atau belum dinyatakan lulus, untuk mencoba kembali di pusat pelatihan yang sudah disediakan di Indonesia Safety Driving Centre (SDC), Serpong Utara, Tangerang Selatan, dan juga di Satpas Daan Mogot setiap hari Sabtu.

Halaman:

Editor: Imam Ahmad Fauzan

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x