Gempa Sesar Garsela dengan Kekuatan 4,3 SR Merusak 495 Rumah di Garut Jawa Barat

- 3 Februari 2023, 18:50 WIB
Ilustrasi kerusakan bangunan akibat gempa bumi darat./pixabay.com/Angelo_Giordano
Ilustrasi kerusakan bangunan akibat gempa bumi darat./pixabay.com/Angelo_Giordano /

GALAMEDIANEWS - Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah terjadi gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 4,3 yang berpusat di darat pada jarak 19 km Barat Daya Kabupaten Garut dengan kedalaman 3 km, Rabu, 1 Februari 2023 pukul 22.57.21 WIB.

Guncangan gempa sesar garsela tersebut dirasakan beberapa warga Garut, bahkan sempat membuat warga panik dan berhamburan keluar dari rumahnya.

Baca Juga: UPDATE KEBAKARAN Ayam Geprek Pangeran Bandung, Ada Ledakan, Dua Orang Alami Luka Bakar

Baca Juga: HASIL 8 BESAR Thailand Masters 2023, INDONESIA Rontok, Fikri-Bagas Lolos ke Semifinal

Menanggapi kejadian tersebut, Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman mengatakan gempa sesar garsela dengan berkekuatan 4,3 SR itu merusak 495 rumah di Kecamatan Samarang dan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, sebagaimana yang dilansir Antara, Jumat, 3 Februari 2023.

"Kami sudah ada tim asesmen cepat, kaji cepat di lapangan, dari kaji cepat ini ditemukan data 495 rumah yang mengalami rusak ringan, sedang, maupun berat," kata Helmi Budiman kepada wartawan di Garut

Dikatakannya, Pemkab Garut telah mengirimkan tim untuk menangani korban bencana dan mendata jumlah kerusakan akibat gempa sesar Garsela pada Rabu malam, 1 Februari 2023 di Garut.

Baca Juga: PERSIJA Kudeta PERSIB dari Puncak Klasemen LIGA 1 Usai Kalahkan RANS Nusantara FC

Menurut dia, dari hasil penyelidikan yang dilakukan di lapangan, terdapat 495 rumah dan 8 gedung sekolah rusak, namun semuanya akan dilakukan validasi ulang, sehingga dapat diambil keputusan untuk persiapan rekonstruksi selanjutnya.

Halaman:

Editor: Usman Alwasim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x