Mengenal Kota Tua Warsawa Polandia sebagai Ibukotanya

- 4 Februari 2023, 17:22 WIB
Mengenal Kota Warsawa di Polandia
Mengenal Kota Warsawa di Polandia /Pixabay/

GALAMEDIANEWS – Warsawa merupakan Ibukota dari negara polandia, letaknya sangat strategis berada di pusat negara Eropa Timur.

Kota Warsawa ini terkenal sampai sekarang. Saat perang dingin sebagai pusat aliansi militer berbagai negara Eropa Timur di bawah komando Uni Soviet dulu dengan nama pakta warsawa.

Kota ini sudah ada dan dibangun pada abad ke 10 dan 11. Dikenal dengan nama aslinya yaitu Warszowa, dan pada abad ke 17 diubah dengan sebutan Warszawa atau Warsawa.

Dahulu Polandia sendiri memiliki ibukota yang awalnya yaitu Krakow, sedangkan ibukota polandia yang modern sampai sekarang.

Baca Juga: Tak Peduli Bisa Memantik Konflik, Israel Bakal Gelar Pawai di Kota Tua Yerusalem

Dahulu Raja Sigismundus Vasa III pada tahun 1573, memindahkan ibukotanya semula dari krakow kemudian ke Warsawa.

Pada tahun 1655-1658 Polandia berperang melawan Swedia namun mengalami kekalahan dan negara polandia dijajah oleh Swedia dibawah kekuasaannya.

Setelah Melepaskan diri dari Swedia, didatangkan lah seorang arsitek Belanda yang bernama Tylman Van Der Gameren untuk membangun Kota ini.

Kemudian ia pun melakukan perbaikan dan membangun bangunan yang indah di Warsawa. Karyanya itu menjadi sebuah bangunan indah yang ada di kota ini.

Arsitek ternama Tylman sendiri bekerja pada saat pemerintahan Raja Jan Sobieski III dan Ratu Maria Kazimiera di Polandia.

Halaman:

Editor: Nadya Kinasih

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x