WASPADA! Aktivitas Gunung Bromo Meningkat, Masyarakat Diminta Menjauh

- 4 Februari 2023, 21:32 WIB
Gunung Bromo, Gunung berapi aktif di Jawa Timur yang memiliki ketinggian 2329 meter di atas permukaan laut (mdpl) telah mengalami peningkatan pada Sabtu, karena terlihat sinar api pada hari Jumat, 3 Februari 2023.
Gunung Bromo, Gunung berapi aktif di Jawa Timur yang memiliki ketinggian 2329 meter di atas permukaan laut (mdpl) telah mengalami peningkatan pada Sabtu, karena terlihat sinar api pada hari Jumat, 3 Februari 2023. /Pexels/Guntur Kresno/

GALAMEDIANEWS - Gunung Bromo, Gunung berapi aktif di Jawa Timur yang memiliki ketinggian 2329 meter di atas permukaan laut (mdpl) telah mengalami peningkatan pada Sabtu, karena terlihat sinar api pada hari Jumat, 3 Februari 2023.

Saat ini, status Gunung Bromo masih berada di level II atau siaga.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Geologi PVMBG mengatakan dalam keterangan tertulis di lamannya, bahwa peningkatan aktivitas kawah Gunung Bromo diakibatkan karena teramati adanya sinar api dari dalam kawah berdasarkan pengamatan visual pada tanggal 3 Februari 2023 pukul 21.14 WIB.

Aries Setiawan, Supervisor Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Penanggulangan Bencana BPBD Probolinggo mendapatkan laporan terkait aktivitas Gunung Bromo.

“Kami mendapat tembusan laporan pers rilis terkait dengan meningkatnya aktivitas Gunung Bromo,” ujarnya.

Aktivitas Gunung Bromo dapat dipantau secara visual dan instrumental dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Bromo yang terletak di Dusun Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga: PERSIB BANDUNG Tergeser PSM Makassar Usai Taklukkan Arema FC pada Laga Panas dengan 2 Kartu Merah

Aries mengatakan bahwa dari bibir kawah tercium bau belerang dan terdengar suara gemuruh. Selain itu terlihat asap kawah berwarna putih selama 1 minggu terakhir ini.

“Dalam rilis itu disebutkan bahwa bau belerang tercium kuat dari bibir kawah dan terdengar suara gemuruh. Asap kawah dalam 1 minggu terakhir teramati berwarna putih tipis hingga tebal dengan ketinggian 50-90 meter dari puncak,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Shiddik Zaenudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x