Cegah Korupsi: 15 Strategi Nasional Pencegahan Korupsi, Apa Saja Stranas PK itu?

- 5 Februari 2023, 08:31 WIB
Peluncuran 15 Aksi Stranas PK oleh KPK di Jakarta/Humas KPK
Peluncuran 15 Aksi Stranas PK oleh KPK di Jakarta/Humas KPK /

 

GALAMEDIANEWS - Strategi Nasional Pencegahan Korupsi, yang selanjutnya disebut Stranas PK, adalah pedoman kebijakan nasional dengan prioritas dan tujuan pencegahan korupsi, yang menjadi acuan bagi kementerian, lembaga, pemerintah kota, dan pemangku kepentingan lainnya dalam mengambil inisiatif untuk melaksanakan aksi pencegahan korupsi di Indonesia.

Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) adalah sebuah program nasional yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memerangi dan mencegah korupsi di Indonesia.

Strategi Nasional Pencegahan Korupsi ini didasarkan pada tiga pilar utama yakni peningkatan sistem dan mekanisme pencegahan korupsi, perubahan perilaku dan budaya dalam masyarakat terkait korupsi, penegakan hukum dan pemberantasan korupsi.

Baca Juga: Sinopsis Film Elysium 2013: Kehancuran Bumi dan Kehidupan Mewah di Tempat Tinggal Lainnya

Pemerintah selalu berkomitmen dalam melakukan pencegahan dan pemberantasan korupsi. Komitmen dan upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi itu selalu menjadi prioritas pemerintah.

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya antara lain penataan kebijakan dan regulasi baik berupa kebijakan/instruksi maupun peraturan perundang-undangan, pembenahan administrasi, pembenahan proses pelayanan publik, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara, termasuk penyelamatan keuangan atau aset negara

Strategi Nasional PK memuat prioritas dan tujuan pencegahan korupsi sebagai arah Kebijakan nasional untuk dijadikan acuan bagi kementerian, lembaga, pemerintah kota (K/L/PD) dan pemangku kepentingan lainnya dalam pencegahan korupsi di Indonesia.

Baca Juga: KODE REDEM FF FREE FIRE GRATIS Minggu 5 Februari 2023, Syarat, Kode Alternatif dan Cara Klaim di Laman Garena

Halaman:

Editor: Reza Rafaeza

Sumber: KPK


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x