RESMI! PP Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadan, Syawal dan Zulhijjah 1444 H, Ini Tanggalnya

- 6 Februari 2023, 14:20 WIB
PP Muhammadiyah resmi tetapkan awal Ramadan, Syawal dan Zulhijah./muhammadiyah.or.id
PP Muhammadiyah resmi tetapkan awal Ramadan, Syawal dan Zulhijah./muhammadiyah.or.id /

GALAMEDIANEWS - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah secara resmi menetapkan 1 Ramadan 144 H pada Kamis, 23 Maret 2023.

Sementara untuk 1 Syawal 1444 H ditetapkan jatuh pada Jumat, 21 April 2023 dan 1 Zulhijjah 1444 H pada Senin 19 Juni 2023.

Kepastian tersebut disampaikan secara langsung Sekretaris PP Muhammadiyah, Muhammad Sayuti di acara Konferensi Pers Maklumat PP Muhammadiyah “Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, Zulhijjah 1444 H di kantor PP Muhammadiyah Jl. Cik Ditiro, No. 23, Kota Yogyakarta.

Baca Juga: 5 Wisata Kuliner Bakso Enak di Cirebon, Ada Porsi Jumbo dan Paling Terkenal dan Legendaris

Menurut Syamsul seperti dilansirkan laman resmi Muhammadiyah, penetapan 1 Ramadan berpotensi sama dengan pemerintah. Namun awal Syawal dan Zulhijjah ada potensi berbeda dengan pemerintah karena Muhammadiyah memakai hisab hakiki wujudl hilal, sementara pemerintah berpedoman pada kriteria MABIMS.

"Potensi perbedaan ada pada awal Syawal dan Zulhijah hal ini karena menurut kriteria MABIMS bulan bisa dilihat pada tinggi bulan sekurang-kurangnya 3 derajat dan elongasinya 6,4 derajat," tuturnya.

Sementara Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengingatkan supaya jika terjadi perbedaan jangan dijadikan sebagai sumber perpecahan, karena umat Islam di Indonesia memiliki pengalaman dalam perbedaan.

Baca Juga: 15 LINK SITUS LEGAL Nonton Film Online Terbaru 2023 Subtitle Indonesia Pengganti Rebahin, Indoxxi, dan LK21 

Menurutnya, perbedaan di tubuh umat Islam bukan suatu yang baru. Oleh karenanya Haedar mendorong dari perbedaan itu lahir sikap saling menghargai, menghormati dan toleransi atau tasamuh, serta menimbulkan pernghargaan dan kearifa atas perbedaan.

Halaman:

Editor: Reza Rafaeza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x