BMKG Ungkap Penyebab GEMPA Banten, Ternyata Ada Aktivitas Ini

- 7 Februari 2023, 09:31 WIB
Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Banten akibat aktivitas lempeng ini.
Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Banten akibat aktivitas lempeng ini. /bmkg.go.id/

GALAMEDIANEWS - Gempa berkekuatan magnitudo 5,2 yang terjadi di Selatan Banten, Selasa 7 Februari 2023, akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia.

BMKG mencatat episenter gempa bumi Banten tersebut terletak pada koordinat 7,40 derajat Lintang Selatan, 105,90 derajat Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 65 km barat daya Bayah, Banten pada kedalaman 41 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, Selasa 7 Februari 2023, mengatakan jika memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasia.

Baca Juga: Pajeon, Camilan Simple yang Biasa Muncul di Drama Korea dengan Cita Rasa Gurih

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust).

Menurutnya, gempa Banten yang terjadi pukul 07.35 WIB itu, berdampak dan dirasakan di daerah Bayah, Banjarsari, dan Tamanjaya dengan skala intensitas III-IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Gempa juga terasa di daerah Serang, Pandenglang, Panggarangan, Malingping, Ciptagetar, Cikeusik, Labuan, Tangerang, Panimbang dan Cinangka dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Baca Juga: KEBAKARAN BANDUNG, Puluhan Rumah jadi Abu, Ratusan Orang Terdampak, Api Mengamuk di Margahayu

Di daerah Tangerang Selatan, Bogor, Sukabumi, Tangerang, Cianjur dan Bandung Barat dengan skala intensitas II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan truk berlalu). Dan di daerah Jakarta, Depok, Cibubur dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Halaman:

Editor: Reza Rafaeza

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x