Tema 1 Abad NU: Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru, Apa Artinya?

- 7 Februari 2023, 15:00 WIB
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf dalam menyampaikan tema Harlah 1 Abad NU di Jakarta
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf dalam menyampaikan tema Harlah 1 Abad NU di Jakarta /NU Online/Suwitno//

GALAMEDIANEWS - Nahdlatul Ulama (NU) adalah organisasi keagamaan Islam terbesar di Indonesia. Didirikan pada tahun 1926, NU berfokus pada pembinaan keimanan dan ketaqwaan umat Islam, serta mempromosikan nilai-nilai toleransi dan kebhinekaan.

NU memiliki jaringan yang luas di seluruh Indonesia dan memegang peran penting dalam kehidupan sosial dan politik negara.

Nahdlatul Ulama (NU) merayakan Hari Lahir ke-1 Abad NU. (Harlah) di Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur pada hari ini, Selasa 7 Februari 2023. 

Harlah ke-1 Abad NU memiliki tema besar yaitu "Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru".

Baca Juga: Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) Digelar di Sidoarjo, Ternyata Karena Ini Alasannya, Yuk Simak!

Baca Juga: Rundown 1 Abad NU Nahdlatul Ulama di Sidoharjo 2023, Hari Ini 24 Jam dan Ada Penampilan dari Maher Zain

Tema besar itu diungkapkan oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf dalam acara Kick Off Konferensi Pers Harlah Satu Abad Nahdlatul Ulama di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta seperti dikutip dari media NU Online, Selasa, 7 Februari 2023. 

Kiai yang akrab disapa dengan sebutan Gus Yahya ini menerangkan, pemilihan tema tersebut didasari oleh sebuah hadits Nabi Muhammad SAW mengenai adanya tokoh-tokoh pembaharu setiap 100 tahun sekali.

إنَّ اللهَ يَبْعَثُ لِهذهِ الأُمَّةِ عَلَى رَأْسِ كُلِّ مِائَةِ سَنَةٍ مَنْ يُجَدِّدُ لَهَا دِيْنَهَا

Halaman:

Editor: Imam Ahmad Fauzan

Sumber: nu.or.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x