IPK Turun: Wapres Tegaskan Pemerintah Tetap Komitmen Berantas Korupsi

- 7 Februari 2023, 16:26 WIB
Wapres Ma’ruf Amin. Pemerintah berkomitmen untuk memberantas korupsi
Wapres Ma’ruf Amin. Pemerintah berkomitmen untuk memberantas korupsi /BPMI Setpres/

GALAMEDIANEWS - Berdasarkan data Transparency International Indonesia (TII), Indeks Persepsi korupsi atau IPK Indonesia pada tahun 2022 merosot 4 poin dari 38 di tahun 2021 menjadi 34, atau berada di peringkat ke-110 dari 180 negara yang disurvei. 

Sebelumnya, pada tahun 2021, skor IPK Indonesia adalah 38 dan berada di peringkat ke-96.

Merespon anjloknya skor IPK Indonesia tersebut, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menegaskan Pemerintah tetap berkomitmen untuk memberantas korupsi meskipun Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia pada tahun 2022 menunjukkan adanya penurunan sebesar 4 poin.

Baca Juga: Hasil IPK Menurun di Tahun 2022, KPK Sebut Tanggung Jawab Bersama

"Itu biasa, kadang turun, kadang naik, tapi yang jelas pemerintah berkomitmen untuk memberantas korupsi," kata Ma'ruf Amin di Istana Kepresidenan Yogyakarta, dilansir dari ANTARA News, Selasa, 7 Februari 2023

Ma'ruf Amin melanjutkan, Pemerintah akan mengkaji penyebab penurunan indeks tersebut.

"Penurunan persepsi korupsi ini tentu akan kita kaji, akan kita teliti. KPK sendiri menggunakan tiga pendekatan, yaitu edukasi, kemudian juga pencegahan, dan penindakan. Ini dilakukan secara simultan, jadi kalau ada penurunan, di mana letaknya?" ujarnya.

Menurutnya, pemerintah juga melakukan berbagai upaya pencegahan melalui pelayanan publik, seperti mendirikan Mal Pelayanan Publik (MPP) untuk melayani masyarakat dengan cepat.

"Melalui layanan digital, tanpa bertemu langsung, sehingga cepat, mudah, dan tidak ada celah untuk pungli. Kemudian, kami juga membuat semacam zona integritas di birokrasi, lalu wilayah bebas korupsi. Jadi, itu semua dalam rangka meminimalisir korupsi," jelasnya.

Halaman:

Editor: Imam Ahmad Fauzan

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x