Pertumbuhan Ekonomi: Bank Indonesia Prediksi Indonesia Tetap Kuat di Tahun 2023

- 7 Februari 2023, 18:24 WIB
Halaman Bank Indonesia/departemen komunikasi BI/
Halaman Bank Indonesia/departemen komunikasi BI/ /

GALAMEDIANEWS - Laporan Bank Indonesia (BI) memprediksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap kuat pada 2023 di kisaran 4,5-5,3 persen, dengan mempertimbangkan kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2022 yang meningkat dibandingkan dengan 2021.

 

Erwin Haryono selaku Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI dalam keterangan resminya di Jakarta, sebagaimana dikutip di laman resminya Bank Indonesia, pada Selasa  7 Februari 2023, mengatakan pertumbuhan ekonomi pada 2023 didorong oleh peningkatan permintaan domestik baik untuk konsumsi rumah tangga maupun investasi. 

Perkiraan itu sejalan dengan meningkatnya mobilitas masyarakat pasca penghapusan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), membaiknya prospek usaha, meningkatnya aliran masuk penanaman modal asing (PMA), dan terus berlanjutnya penyelesaian proyek-proyek strategis nasional (PSN).

 

Data Badan Pusat Statistik (BPS) 

Berdasarkan Laporan Badan Pusat Statistik (BPS) melalui Berita Resmi Statistik No. 15/02/Th. XXVI yang diterbitkan pada 6 Februari 2023, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Triwulan I-V tahun 2022 menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap tinggi yaitu sebesar 5,01 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy), di tengah pertumbuhan ekonomi dunia yang berada dalam tren melambat.

Dengan kondisi tersebut, pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan pada tahun 2022 tercatat sebesar 5,31 persen (yoy), jauh lebih tinggi dibandingkan dengan capaian tahun sebelumnya yang sebesar 3,70 persen (yoy).

Kuatnya pertumbuhan ekonomi ditopang oleh hampir seluruh komponen Produk Domestik Bruto (PDB) dari sisi pengeluaran. Konsumsi rumah tangga tumbuh 4,48 persen (yoy) sejalan dengan peningkatan mobilitas masyarakat, termasuk kegiatan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) perayaan Natal dan Tahun Baru, serta berlanjutnya penyaluran bantuan sosial.

Baca Juga: BPS Jabar Matangkan Misi Besar SP 2020, Memotret Karakteristik Demografi Usai Gelombang Pandemi Covid-19

Halaman:

Editor: Nadya Kinasih

Sumber: Bank Indonesia BPS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x