Putin Sampaikan Belasungkawa dan Kerahkan Bantuan ke Turki dan Suriah usai Gempa Terjadi

- 7 Februari 2023, 18:29 WIB
Putin sampaikan belasungkawa dan kerahkan bantuan
Putin sampaikan belasungkawa dan kerahkan bantuan /en.putin.kremlin.ru/

GALAMEDIANEWS – Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Suriah Bashar al-Assad atas insiden gempa yang menimpa Turki dan Suriah pada hari Senin, 7 Februari 2023.

Menurut Kremlin, Putin telah mengatakan bahwa Moskow siap memberikan semua bantuan yang dibutuhkan kepada kedua negara itu.

Wakil Kepala Staf Kepresidenan, Sekretaris Pers Presiden Rusia Dmitry Peskov menyampaikan kepada wartawan bahwa Rusia bersedia untuk memberikan bantuan yang diperlukan kepada Turki dan Suriah, termasuk teknologi yang dapat membantu untuk menilai kondisi bangunan pasca gempa bumi.

Baca Juga: Pemerintah Indonesia Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Turki: Tahap 1 Sudah Disalurkan

Selain itu, Kementerian Kedaruratan Rusia mengatakan bahwa mereka siap untuk membantu dengan dua pesawat Il-76 dengan 100 petugas penyelamat untuk memberikan semua bantuan darurat yang diperlukan ke Turki.

“Petugas penyelamat kami memiliki semua pengetahuan dan peralatan yang diperlukan untuk mengeliminasi konsekuensi dari keadaan darurat semacam itu dan siap terbang ke zona gempa,” demikian yang telah disampaikan oleh Kementerian itu dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari Xinhua.

Sebelumnya, gempa berkekuatan magnitudo 7,7 telah melanda distrik Pazarcik di provinsi Kahramanmaras dan mengguncang hebat sejumlah provinsi lain, termasuk Gaziantep, Sanliurfa, Diyarbakir, Adana, Adiyaman, Malatya, Ormaniye, Hatay dan Kilis pada hari senin, 06 Februari 2023.

Baca Juga: Gempa Turki 7,8 SR: Presiden Erdogan Ungkap 912 Tewas, 5.383 Terluka, dan 2.818 Bangunan Rusak

Kemudian gempa susulan terjadi di hari yang sama pada pukul 13.24 waktu setempat (17.24 WIB) dengan magnitudo 7,6 yang berpusat di distrik Elbistan Kahramanmaras mengguncang wilayah tersebut.

Halaman:

Editor: Imam Ahmad Fauzan

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x