Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,31 Persen Tahun 2022 : Tertinggi Sejak Era Pemerintahan Joko Widodo

- 7 Februari 2023, 20:06 WIB
Ilustrasi peningkatan ekonomi./IST
Ilustrasi peningkatan ekonomi./IST /

GALAMEDIANEWS – Kondisi perekonomian Indonesia mengalami pertumbuhan yang postitif. Hal ini dicatat oleh lembaga Badan Pusat Statistik atau BPS.

Badan Pusat Statistik mencatat pertumbuhan perekonomian Indonesia cukup baik dibanding dengan negeri lain. Laporan ini dikeluarkan BPS pada tanggal 6 Februari 2023.

BPS mencatat perekonomian Indonesia pada tahun 2022 berhasil tumbuh 5,31 persen dibanding tahun sebelumnya (year-on-year/yoy). Perekonomian domestik tahun 2022 berhasil tumbuh berkat tingginya pertumbuhan pada triwulan IV-2022 yang naik 5,01 persen (yoy).

Baca Juga: Berkenalan dengan LAPOR, Layanan Bantuan Hukum Virtual Secara Gratis dari LBH PERS

Perekonomian Indonesia makin tumbuh akibat pasca pandemi Covid–19 dan kondisi yang normal menjadikan aktivitas perekonomian menjadi normal. Menurut Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, pertumbuhan ekonomi pada tahun 2022 lebih tinggi dari pertumbuhan sebelum pandemi Covid-19.

"Dibandingkan dengan Desember tahun lalu, kuartal IV tahun lalu, tumbuh 5,01 persen (yoy) dan secara kumulatif, di tahun 2022, ekonomi mampu tumbuh di angka 5,31 persen. Pertumbuhan ini jauh lebih tinggi dari angka pre-Covid-19, yang rata-rata sebesar 5 persen sebelum pandemi," ujar Airlangga.

Menurut Airlangga, pertumbuhan ekonomi sebesar 5,31 persen ini merupakan pertumbuhan tertinggi pada masa pemerintahan Presiden Jokowi. "Dan ini merupakan angka yang tertinggi sejak masa pemerintahan Bapak Presiden, Bapak Joko Widodo," kata Airlangga.

Baca Juga: Eks Pemain Newcastle United Ditemukan Selamat di Reruntuhan Gempa Turki, Begini Kondisinya

Menurut BPS, Perekonomian Indonesia tahun 2022 yang dihitung berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp 19.588,4 triliun dan PDB per kapita mencapai Rp 71,0 juta atau 4.783,9 dolar AS.

Halaman:

Editor: Usman Alwasim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x