Kasus Suap MA: KPK Panggil Tiga Pegawai Mahkamah Agung (MA) Sebagai Saksi

- 8 Februari 2023, 15:14 WIB
Juru Bicara KPK Ali Fikri
Juru Bicara KPK Ali Fikri /ANTARA/HO-Humas KPK/

GALAMEDIANEWS - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari Selasa, 7 Februari 2023 memanggil tiga orang pegawai Mahkamah Agung (MA) sebagai saksi dalam penyidikan kasus dugaan suap yang melibatkan tersangka Hakim Agung Gazalba Saleh (GS).

"Pemeriksaan saksi-saksi untuk tindak pidana korupsi suap dilakukan hari ini dalam rangka persidangan terdakwa GS di Mahkamah Agung," ujar Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Ali Fikri, Sebagaimana dikutip dari berita ANTARA News pada Rabu, 8 Februari 2023.

Ketiga saksi tersebut adalah seorang petugas dari Kantor Umum Pengadilan Tinggi bernama Shah dan dua orang pegawai Pengadilan Tinggi bernama Yoga D.A. Nugroho dan Retno Murni Susianti.

Pemeriksaan ketiganya dijadwalkan berlangsung di Gedung KPK Merah Putih, Jakarta Selatan.

Baca Juga: KPK Berhasil Menangkap DPO Tersangka Gratifikasi Proyek Pembangunan Dermaga di Aceh

Sebelumnya, penyidik KPK telah menetapkan 14 orang tersangka dalam kasus dugaan suap di Mahkamah Agung. Di antara mereka adalah Hakim Eddie Vibovo, Hakim Agung Gazalba Saleh, Hakim Prasetyo Nugroho dan Reddy Novarisha, seorang staf dari Gazalba Saleh.

Tersangka lainnya adalah Hakim Sudrajat Dimyati, Hakim atau Panitera Pengganti Eli Tri Pangestu (ETP), dua orang pegawai (ASN) di Kepaniteraan MA Desy Yustria (DY) dan Muhajir Habibi (MH) serta dua orang ASN MA Nurmanto Akmal (NA) dan Al Basri (AB).

Kemudian pengacara Yosep Parera (YP) dan Eko Suparno (ES), debitur Koperasi Simpan Pinjam Intidana Heryanto Tanaka (HT) dan debitur Koperasi Simpan Pinjam Ivan Dwi Kusuma Sujanto (IDKS).

Delapan orang tersangka telah dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum untuk dilakukan penuntutan, yaitu Sudrajat Dimyati, Eli Tri Pangestu, Desy Yustria, Nurmanto Akmal, Albasri, Muhajir Habibi, Herjanto Tanaka, dan Ivan Dwi Kusuma Sujanto.

Halaman:

Editor: Imam Ahmad Fauzan

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x