Harga Minyak Jatuh dan Melemah, Meningkatkan Permintaan Global Sebesar 2,1 Juta Barel Per Hari di Tahun 2023

- 10 Februari 2023, 16:07 WIB
Pemandangan kapal tanker Chao Xing di terminal minyak mentah Kozmino di tepi Teluk Nakhodka dekat kota pelabuhan Nakhodka, Rusia
Pemandangan kapal tanker Chao Xing di terminal minyak mentah Kozmino di tepi Teluk Nakhodka dekat kota pelabuhan Nakhodka, Rusia /REUTERS/Tatiana Mee/

GALAMEDIANEWS - Harga minyak melemah akibat kenaikan saham di AS dan kekhawatiran investor akan kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve AS, sementara gempa bumi yang melanda beberapa bagian negara Turki dan Suriah diperkirakan tidak menyebabkan kerusakan serius pada infrastruktur minyak.

Seperti yang dilaporkan Reuters pada hari Jumat 10 Februari 2023, minyak mentah Brent turun 59 sen, atau 0,7%, menjadi menetap di USD 84,50 per barel. Minyak mentah berjangka AS, West Texas Intermediate (WTI), diperdagangkan 41 sen, atau 0,5%, lebih rendah pada USD 78,06 per barel. Kedua tolok ukur tersebut naik lebih dari 5% sepanjang minggu ini.

Baca Juga: Harga Minyak Goreng di Subang Mulai Stabil

Baca Juga: Bripka Mahdi Dipanggil Satgas Anti Mafia Tanah Bareskrim Polri, Ada Masalah Apa? Simak Penjelasannya

Gempa bumi, yang menewaskan lebih dari 20.000 orang, pada awalnya merusak jaringan pipa dan infrastruktur lainnya, membuat harga minyak melonjak karena prospek minyak mentah diambil dari pasar dunia untuk jangka waktu yang lama.

John Kilduff, seorang mitra di Again Capital di New York, mengatakan bahwa "kita tidak akan kehilangan pasokan itu selama yang kita duga".

BP Azerbaijan menyatakan bahwa pengiriman minyak mentah Azeri dari pelabuhan Ceyhan di Turki mengalami keadaan kahar (force majeure) karena gempa bumi hari Senin; BP Azerbaijan juga mengatakan bahwa minyak Azeri terus mengalir melalui pipa di sana.

Data pertumbuhan angkatan kerja AS yang kuat telah menimbulkan kekhawatiran bahwa Federal Reserve AS akan terus menaikkan suku bunga secara agresif untuk mengekang inflasi, sehingga membebani aset-aset berisiko seperti minyak dan saham.

Halaman:

Editor: Imam Ahmad Fauzan

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x