Laut China Selatan Memanas, China Ingatkan Negara Asia Tenggara Siap Hadapi Sabotase Amerika Serikat

- 21 Juli 2020, 11:25 WIB
Wilayah Laut China Selatan.
Wilayah Laut China Selatan. /

GALAMEDIA - Duta Besar China untuk Filipina Huang Xilian mengingatkan Negara Asia Tenggara untuk bersiaga untuk menghadapi "sabotase" stabilitas regional terkait perselisihan Laut china Selatan.

Hal ini diungkapkan Huang Xilian setelah Washington menyatakan penolakkannya terkait klaim China di Laut China Selatan. Bahkan AS menyatakan kesiapannya untuk mendukung di Laut Filipina Barat.

Para pengamat mengatakan perselisihan ini adalah bukti bahwa kedua negara tersebut mengancam wilayah Asia Tenggara karena hubungan bilateral mereka terus memburuk. Bahkan, tekanan pada negara kian melebar hingga negara lain seperti Myanmar.

Baca Juga: Kisruh, Pendukung Gibran di Solo Dikeroyok Hingga Diancam Dibunuh

Huang mengatakan bahwa di bawah dalih menegakan navigasi, Amerika Serikat secara sembrono melanggar wilayah laut dan wilayah udara negara lain.

Sehubungan hal itu ia kembali memperingatkan negara Asia Tenggara untuk menyelesaikan perselisihan dengan China dan mencegah Amerika Serikat untuk menyabotase stabilitas di kawasan Asia-Pasifik.

Melansir US News, selang beberapa hari setelah AS mengerahkan dua kapal induk ke wilayah itu dalam tindakan yang dipandang sangat langka -yang dinilai China sangat provokatif-, media pemerintah China pada hari Senin (20/7/2020), mengkonfirmasi pihaknya telah mengirim brigade pasukan penerbangan ke dua pulau yang dikelola di Kepulauan Paracel yang diperebutkan bersama dengan serangkaian kapal perang.

Baca Juga: Kekasih Yodi Prabowo Suci Fitri Tertawa di TKP Lokasi Penemuan Jenazah, Warga Sebut Kayak Bodo Amat

China berencana untuk melakukan "latihan serangan sasaran maritim tembakan langsung" sebagai tanggapan terhadap kehadiran militer AS yang meningkat di sana. China mengklaim, kehadiran AS adalah pendorong nyata militerisasi di Laut China Selatan.

"Jika provokasi militer AS di Laut China Selatan masih terus berlanjut, China tidak memiliki pilihan selain melakukan lebih banyak latihan dan mengerahkan lebih banyak kapal perang dan pesawat perang di Laut China Selatan," lapor China Global Times.

Dijelaskan pula bahwa China juga dapat membangun zona pertahanan udara di sekitar wilayah yang dianggapnya serupa dengan yang telah memicu pertikaian sengit dengan AS di masa lalu.

Baca Juga: Heboh, Saat Menstruasi Perempuan Asal Tasik Tiba-Tiba Hamil Besar dan Satu Jam Kemudian Melahirkan

Bahasa 'provokatif' yang digunakan China berfungsi sebagai penyelamatan terbaru dalam peningkatan dramatis antara pemerintahan Trump dan pemerintah Presiden China Xi Jingping dalam beberapa pekan terakhir.  

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada awal pekan lalu mengumumkan, Amerika akan mulai mengambil sikap baru melawan Beijing di Laut China Selatan. AS tidak melanggar sikap netral resmi, akan tetapi mengumumkan dukungan baru bagi sekutu dan mitra yang juga mengklaim pulau, terumbu, dan daerah penangkapan ikan sebagai milik mereka.

Pernyataan Pompeo itu muncul tak lama setelah Beijing mengumumkan sanksi baru terhadap sejumlah anggota parlemen Amerika yang diyakini telah mengancam kedaulatan China di wilayah tersebut.

Baca Juga: Terinspirasi Persilangan Jeruk Bali, Inggris Ciptakan Proteus Bahan Metal yang Tak Bisa Dihancurkan

China kemudian juga mengancam akan menjatuhkan lebih banyak sanksi terhadap pejabat Amerika jika AS tidak mundur dari campur tangan dalam rancangan Beijing untuk Hong Kong.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x